IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V A SEKOLAH DASAR NEGERI CEPIT, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL TAHUN 2015

Henukh, Febriana Marthin (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V A SEKOLAH DASAR NEGERI CEPIT, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL TAHUN 2015. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Febriana Marthin Henukh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA dikelas V A SD Negeri Cepit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas V A SD Negeri Cepit Kecamatan Sewon. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara semi terstuktur, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti yang dibantu dengan panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode alur yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dan uji dependabilitas. Uji kredibilitas dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan bahan refrensi, sedangkan uji dependabilitas dilakukan oleh dosen pembimbing skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA di kelas V A Sekolah Dasar Negeri Cepit sudah berjalan baik yaitu melalui kegiatan pengamatan sudah dilaksanakan sesuai dengan pendekatan saintifik. Guru juga selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan pengamatan. Mengajukan pertanyaan sudah dilaksanakan dengan baik dan benar. Guru sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan di setiap pembelajaran. Kegiatan menalar sudah sesuai dengan tahap pelaksanaan pendekatan saintifik, siswa sudah diberikan kesempatan untuk mengolah informasi. Kegiatan mencoba, guru sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan percobaan sesuai dengan pendekatan saintifik. Semuanya berjalan dengan baik dan benar. Siswa menjadi mudah paham dan mudah untuk bereksperimen dengan hal-hal yang baru yang terkait dengan proses pembelajaran yang ada di lingkungan sekitar. Siswa bisa menerima dengan baik kegiatan percobaan yang dilakukan, siswa juga menjadi semakin lebih aktif, kreatif dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Melalui kegiatan mengkomunikasikan, siswa sudah bisa berkomunikasi dalam proses pembelajaran yaitu dengan menceritakan kembali pembelajaran yang dapat dipahami dan yang tidak dapat dipahami. Kata Kunci : pendekatan saintifik, pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Feb 2016 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30089

Actions (login required)

View Item View Item