PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD BAKALAN YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015

Safitri, Eva (2016) PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD BAKALAN YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Eva Safitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode simulasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Bakalan Yogyakarta tahun 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain yang digunakan berbentuk pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Bakalan berjumlah 57 siswa, dengan rincian 28 siswa kelas VA dan 29 siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen diuji menggunakan validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rerata kelompok eksperimen sebesar 7,78 dan kelompok kontro sebesar 6,17. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan positif hasil belajar IPS siswa di kelompok eksperimen sebesar 1,61 dibandingkan kelompok kontrol. Dengan demikian ada pengaruh positif metode simulasi terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas V.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Feb 2016 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30087

Actions (login required)

View Item View Item