PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII

Agung Wahyu Wibowo (2015) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Agung Wahyu Wibowo_PJKR.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Senam lantai merupakan salah satu materi dalam pendidikan jasmani. Sumber materi senam berbentuk video masih jarang. Selain itu, faktor usia dan halangan guru juga turut berpengaruh terhadap demonstrasi dalam materi senam lantai. Penelitian pengembangan ini menghasilkan media berbentuk video tutorial sebagai sumber belajar siswa serta untuk membantu guru dalam mengajar. Pengembangan media pendidikan ini melalui tahapan yang dikembangkan oleh Nur Rohmah : Pendahuluan, pengembangan desain umum, pengembangan desain multimedia, evaluasi produk dan hasil akhir. Produk awal di evaluasi oleh ahli materi kemudian ahli media. Setelah evaluasi oleh ahli kemudian uji coba dilakukan kepada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Moyudan melalui dua tahap yaitu, uji coba kelompok kecil dan uji coba satu lawan satu. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menghasilkan sebuah produk media pembelajaran video tutorial senam lantai kelas VIII SMP. Kualitas produk media : validasi ahli materi “baik” dan validasi ahli media “baik”. Penilaian dari peserta didik satu lawan satu”baik” dan kelompok kecil”baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan untuk membantu guru/pendidik dalam menyampaikan materi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video tutorial, senam lantai kelas VIII.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Mar 2016 04:35
Last Modified: 11 Mar 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30082

Actions (login required)

View Item View Item