LAWE-LAWE DAN POLA PERILAKU KONSUMTIF (Studi Deskriptif pada Ibu Rumah Tangga di Desa Sidogede, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen)

Wahyuningsih, Retno (2016) LAWE-LAWE DAN POLA PERILAKU KONSUMTIF (Studi Deskriptif pada Ibu Rumah Tangga di Desa Sidogede, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen). S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
2. Skripsi Full 12413241026.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Lawe-lawe merupakan tukang kredit barang keliling yang memberikan jasa kredit kepada ibu rumah tangga. Seperti halnya di Desa Sidogede juga terdapat beberapa lawe-lawe yang digunakan oleh ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dan kebuhannya sendiri, namun seiring berjalannya waktu, perilaku konsumsi tersebut mengarah pada perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola perilaku konsumtif ibu rumah tangga pemakai kredit barang keliling (lawe-lawe) di Desa Sidogede, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen, faktor pendorong, serta dampak yang ditimbulkan dari perilaku konsumtif tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Informan pada penelitian ini dipilih menggunakan purposive sampling dan menggunakan teknik snowball. Subjek penelitian ini terdapat 7 informan ibu rumah tangga dan 2 informan lawe-lawe. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif milik Milles dan Hubberman, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan. Perilaku konsumtif ini berawal dari keterbatasan kepemilikan uang, kemudian mereka memutuskan untuk mengkredit barang pada lawe-lawe, namun seiring berjalannya waktu, ibu rumah tangga tidak hanya mengambil barang yang dibutuhkan, tetapi juga mengambil barang untuk memenuhi hasrat keinginannya, mereka mengambil barang lagi sebelum barang yang sebelumnya dilunasi. Perilaku konsumtif ibu rumah tangga pemakai lawe-lawe dapat dilihat menggunakan dimensi perilaku konsumtif yang dikemukakan oleh Erich Fromm yaitu: (1) pemenuhan keinginan, mereka sangat menginginkan apapun yang ditawarkan oleh lawe-lawe, (2) barang di luar jangkauan, mereka membeli barang di luar batas kemampuan mereka, (3) barang tidak digunakan dengan maksimal, bahwa mereka hanya menggunakan barang sesekali saja dan akhirnya hanya disimpan, (4) status, mereka membeli barang yang akan menaikkan status mereka. Perilaku ini terjadi secara terus menerus sehingga membentuk suatu pola perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: (1) hasrat/ keinginan, (2) kepuasan dan kenyamanan, (3) pergeseran persepsi hutang/ kredit, (4) tawaran menarik, dan (5) kemudahan kredit barang. Perilaku konsumtif ini juga memberikan dampak bagi mereka yaitu: (1) naiknya status sosial, (2) mengikuti trend, (3) kebiasaan boros, (4) angsuran yang tidak ada habisnya, (5) kesempatan menabung berkurang, dan (6) mengganggu keuangan keluarga. Kata Kunci: lawe-lawe, ibu rumah tangga, perilaku konsumtif, kredit

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 29 Feb 2016 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30080

Actions (login required)

View Item View Item