PROFIL KEPRIBADIAN SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Firdhana Wahyu Putra (2016) PROFIL KEPRIBADIAN SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang profil kepribadian siswa peserta ekstrakurikuler pencak silat di SMA Muhammadiyah 1 Bantul, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kepribadian siswa peserta ekstrakurikuler pencak silat di SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrumen diuji menggunakan korelasi momen tangkar, sedangkan reliabilitas instrumen diuji menggunakan Alpha Cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa validitas instrumen mempunyai koefisien korelasi paling rendah 0,380 dan koefisien korelasi paling tinggi 0,746; sedangkan koefisien Alpha Cronbach reliabilitas untuk faktor ektraversi 0,830, faktor neurotisme 0,811, faktor keterbukaan 0,748, faktor keramahan 0,806, dan faktor kesadaran 0,841. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik dengan persentase. Subyek penelitian ini adalah populasi siswa peserta ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci di SMA Muhammadiyah 1 Bantul sebanyak 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian siswa peserta ekstrakurikuler pencak silat di SMA Muhammadiyah 1 Bantul adalah: terdapat 5 siswa (6,9%) yang memiliki kepribadian baik sekali, 21 siswa (29,2%) yang memiliki kepribadian baik, 27 siswa (37,5%) yang memiliki kepribadian cukup baik, 14 siswa (19,5%) yang memiliki kepribadian kurang baik, dan 5 siswa (6,9%) yang memiliki kepribadian tidak baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerpibadian siswa peserta ekstrakurikuler pencak silat mayoritas cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Pencak Silat, Kepribadian Siswa
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:57
Last Modified: 11 Mar 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30079

Actions (login required)

View Item View Item