Sintawati, Mukti (2015) Keefektifan Problem-Based Learning Dan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 2015, Yogyakarta, Indonesia.
|
Text
PM-33.pdf Download (532kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan keefektifan pembelajaran matematika menggunakan problem based learning dan problem posing ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasinya mencakup siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan yang berjumlah enam kelas. Kelas VIII E dan VIII F terpilih secara acak sebagai sampel. Kelas VIII E sebagai kelas yang diberikan pembelajaran dengan problem-posing dan siswa kelas VIII F sebagai kelas yang diberikan pembelajaran dengan problem-based learning. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan instrumen yang digunakan adalah soal kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA, uji t satu sampel, dan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa problem-based learning efektif ditinjau dari prestasi dan kemampuan berpikir kreatif. Pembelajaran problem posing efektif ditinjau dari prestasi dan kemampuan berpikir kreatif. Pembelajaran matematika menggunakan problem-based learning tidak lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran problem posing ditinjau dari prestasi maupun kemampuan berpikir kreatif. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, prestasi, problem-based learning, problem posing.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Administrator |
Date Deposited: | 27 Feb 2016 13:35 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 03:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30078 |
Actions (login required)
View Item |