Satrianawati, Satrianawati (2015) Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Bagian Dari Pembentukan Karakter. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 2015, Yogyakarta, Indonesia.
|
Text
PM-170.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika mengajarkan setiap orang untuk berfikir lebih logis dan realistis. Dunia matematika menjadi hal yang sangat indah untuk dijelajahi. Situasi ini menjadi perhatian para guru untuk mengajarkan matematika kepada siswa SD untuk berpikir dan bertindak secara logis dan konsisten. Ini dikarenakan usia siswa SD di dimulai antara 6-12 tahun. Taraf berfikir siswa SD ini tentunya masih dalam kategori operasional konkret yang segala sesuatunya harus sesuai dengan apa yang dilihat dan diamatinya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pembelajaran matematika dengan metode problem solving menjadi salah satu bagian dalam menanamkan karakter yang logis dan konsisten terhadap siswa SD dalam berpikir, mengambil keputusan untuk bertindak. Karena di dalam metode problem solving yang dimulai dengan menganalisis masalah, membuat pola penyelesaian, menyelesaikan masalah dan mengecek kembali proses penyelesaian yang dilakukan akan membuat siswa secara tidak langsung menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak. Kata kunci: pembelajaran matematika, metode problem solving, dan karakter siswa SD
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Administrator |
Date Deposited: | 27 Feb 2016 13:32 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 03:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30077 |
Actions (login required)
View Item |