PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MATA PELAJARAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK MESIN KELAS X DI SMK

Hendratama, Yopi (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MATA PELAJARAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK MESIN KELAS X DI SMK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yopi Hendratama 04503241027.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer untuk PBM pada mata pelajaran gambar teknik mesin bagi siswa SMK, (2) mengetahui pendapat siswa terhadap hasil pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer yang memiliki kualitas baik atau layak digunakan pada mata pelajaran gambar teknik mesin, (3) mengetahui apakah media pembelajaran berbantuan komputer yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin. Setting penelitian adalah SMK N 2 Pengasih yang berlokasi di Jalan KRT. Kertodiningrat, Margosari, Pengasih, Kulon Progo. Subjek Penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas 1 Teknik Pemesinan tahun ajaran 2010/2011. Terdiri dari data responden teman sejawat, ahli media, ahli materi, guru bidang studi, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Untuk kuesioner dengan aspek kriteria meliputi: aspek kualitas materi, aspek kualitas strategi pembelajaran dan aspek kualitas teknik. Sedangkan untuk kuesioner/angket motivasi belajar memiliki 15 butir pernyataan yang dinilai. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversikan menjadi data kualitatif untuk mengetahui kriteria penilaian media dan kelayakan media yang sedang dikembangkan. Hasil analisis menunjukan penilaian dari ahli media dengan kategori sangat baik, dan kategori baik dari ahli materi. Pada uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata skor keseluruhan 3,93 dengan kriteria baik dan uji coba lapangan rata-rata skor keseluruhan adalah 3,95 dengan kriteria baik, jadi produk media pembelajaran berbantuan komputer pada mata pelajaran gambar teknik mesin yang dikembangkan adalah layak untuk dipakai PBM di kelas. Hasil analisis data kuesioner motivasi belajar siswa mendapatkan penilaian sebesar 3,86. Hal ini menunjukkan bahwa, media pembelajaran yang dikembangkan memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3007

Actions (login required)

View Item View Item