PERAN TAREKAT QADIRIYAH WA NAQSABANDIYAH DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI DUSUN SRUMBUNG KAUMAN KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH

Susilo, Wahyu Prasetyo (2016) PERAN TAREKAT QADIRIYAH WA NAQSABANDIYAH DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI DUSUN SRUMBUNG KAUMAN KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 09413244046.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyyah merupakan sebuah ajaran islam yang telah diajarkan di Dusun Srumbung Kauman Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang sejak tahun 1990an. Awalnya tarekat tersebut belum diterima baik oleh warga Dusun Srumbung dikarenakan kurang meyakinkan bagi mereka sehingga hanya mempunyai sedikit jamaah. Akan tetapi, lambat laun hasil dari mendalami tarekat tersebut mulai dirasakan oleh para warga dan tarekat tersebut menjadi bertambah pengikutnya. Dari hal-hal tersebut, peneliti bertujuan ingin mengetahui peran dari peran tarekat qadiriyah wa naqsabandiyyah dalam perubahan social budaya di Dusun Srumbung Kauman. Penelitian mengenai peran tarekat qadiriyah wa naqsabandiyyah dalam perubahan social budaya di Dusun Srumbung Kauman, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Srumbung ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, yakni guru tarekat qadiriyah wa naqsabandiyyah, asisten guru, pemuka agama, dan jamaah tarekat qadiriyah wa naqsabandiyyah di Dusun Srumbung. Selanjutnya, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Teknik validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi, pengamatan, dan pemeriksaan. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga peran dari tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyyah, yakni mengingat Allah SWT, membentuk adab, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dapat dirasakan oleh warga Dusun Srumbung Kauman. Sebelum tarekat ini masuk ke Dusun Srumbung Kauman, banyak para warga yang belum dijalan Allah, seperti pencuri, peminum, dan banyak yang meninggalkan sholat. Akan tetapi, dengan kedatangan tarekat ini masyarakat berubah menjadi lebih baik dan santun. Warga juga sudah mulai ramai beribadah di masjid. Dari perubahan positif yang terjadi di Dusun Srumbung Kauman tersebut, para warga memberikan tanggapan yang positif terhadap kedatangan ajaran Tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyyah. Sehingga, tidak dipungkiri bahwa sampai saat ini tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyyah di Dusun Srumbung Kauman ini masih banyak pengikutnya dan selalu bertambah. Kegiatan didalamnya pun selalu rutin dilaksanakan oleh jamaah tarekat tersebut. Kata Kunci : Peran, Tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyyah, Perubahan Sosial dan Budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 26 Feb 2016 03:05
Last Modified: 30 Jan 2019 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30065

Actions (login required)

View Item View Item