pengembangan Modul Pembelajaran IPS Dengan Tema Penyimpangan Sosial di kalangan Masyarakat Tanah Air Sebagai Bahan Ajar Siswa SMP Kelas VIII

Safitri, Ardilla Elfira (2016) pengembangan Modul Pembelajaran IPS Dengan Tema Penyimpangan Sosial di kalangan Masyarakat Tanah Air Sebagai Bahan Ajar Siswa SMP Kelas VIII. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
2. SKRIPSI Full 11416241034.swf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan modul pembelajaran IPS dengan tema “Penyimpangan Sosial di Kalangan Pelajar dan Masyarakat Umum”. 2) Kelayakan modul pembelajaran IPS dengan tema “Penyimpangan Sosial di Kalangan Pelajar dan Masyarakat Umum” menurut ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran IPS, dan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Reseach and development). Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model 4-D dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate, namun dalam penelitian ini hanya sampai dengan tahap ketiga yaitu tahap develop. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skala lima. Penentuan cara mengembangkan dan hasil kelayakan modul pembelajaran IPS diketahui dengan: 1) Cara mengembangkan modul pembelajaran IPS dilakukan dengan langkah : a) Menentukan kompetensi di dalam garis besar kegiatan pembelajaran, b) Menentukan ruang lingkup dan kompetensi yang akan dicapai, c) Menentukan materi, keterampilan, dan sikap yang akan diterapkan, d)Menentukan judul, e) Menyusun draf, f) Melakukan validasi, g) Melakukan uji coba, dan h) Melakukan revisi. 2) Hasil kelayakan modul yang dicapai ditunjukkan dengan : a) Menurut ahli materi memperoleh skor 32,27 dengan rata-rata 4,03 pada kategori “Baik”, b) Menurut ahli media memperoleh skor 46,41 dengan rata-rata 4,64 pada kategori “Sangat Baik”, c) Menurut guru mata pelajaran IPS memperoleh skor 20,10 dengan rata-rata 4,02 pada kategori “Baik”, d) Menurut peserta didik dalam uji coba terbatas memperoleh skor 31,11 dengan rata-rata 4,44 pada kategori “Sangat Baik”, e) Menurut peserta didik dalam uji coba lapangan memperoleh skor 29,89 dengan rata-rata 4,27 pada kategori “Sangat baik”. Kata Kunci : Pengembangan modul, Pembelajaran IPS, Penyimpangan sosial di kalangan pelajar dan masyarakat umum

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 26 Feb 2016 02:54
Last Modified: 30 Jan 2019 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30063

Actions (login required)

View Item View Item