Diversifikasi Olahan Sukun Pada Pembuatan Produk Cake (Butter sponge cake sukun, pie brownies sukun, dan small cake sukun)

Mahenda, Kurniawati (2016) Diversifikasi Olahan Sukun Pada Pembuatan Produk Cake (Butter sponge cake sukun, pie brownies sukun, dan small cake sukun). S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Mahenda Kurniawati - 09512131020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Diversifikasi Olahan Sukun Pada Pembuatan Produk Cake (Butter sponge cake sukun, pie brownies sukun, dan small cake sukun) Oleh: Mahenda Kurniawati 09512131020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Memperoleh formula yang tepat produk butter sponge cake, pie brownies, dan small cake dengan bahan tepung sukun. 2) Mengetahui teknik olah produk butter sponge cake, pie brownies dan small cake. 3) Mengetahui teknik penyajian yang tepat pada produk butter sponge cake, pie brownies dan small cake. 4) Mengetahui tingkat penerimaan masyarakat terhadap butter sponge cake, pie brownies dan small cake dengan bahan tepung sukun. Metode yang diganakan dalam penelitian ini adalah R & D dengan model 4D melalui beberapa tahap yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Development, 4) Dissemination. Data - data yang bersumber dari panelis dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari borang penilaian. Tempat dan waktu penelitian dilakukan selama bulan Maret 2012 - Juni 2012 di Laboratorium Boga PTBB, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil penelitian diperoleh: 1) Formula yang tepat pada pembuatan butter sponge cake dengan substitusi tepung sukun adalah perbandingan 1:1, formula yang tepat untu membuat pie brownies dengan subsitusi tepung sukun yaitu pie 1:4 sedangkan brownies 1:1. Small cake dengan substitusi tepung sukun yaitu 1:1. 2) Teknik olah pembuatan butter sponge cake yaitu penimbangan bahan, pencampuran bahan menggunakan teknik sponge (sponge cake) dan teknik creaming (butter cake), pencetakan, pengovenan. Teknik olah pie brownies yaitu penimbangan bahan, pencampuran bahan menggunakan teknik flaky (pie) dan teknik sponge (brownies), pengistirahatan adonan pie , pencetakan, pengovenan. Teknik olah small cake yaitu penimbangan bahan, pencampuran bahan menggunakan teknik sponge, pencetakan adonan, pengovenan. 3) Teknik penyajian butter sponge cake diberi topping butter dan strawberry, diberi filling selay stawbery dan dikemas menggunakan mika. Teknik penyajian Pie brownies diberi topping butter cream, coklat putih, strawberi dan dikemas menggunakan mika. Teknik Penyajian small cake teknik penyajiannya diberi topping butter cream, keju, cherry dan dikemas menggunakan mika. 4) Berdasarkan uji penerimaan produk olahan cake dari sukun 87 % panelis menerima produk butter sponge cake sukun, 90 % panelis menerima produk pie brownies sukun, dan 93 % panelis menerima produk small cake sukun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Feb 2016 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30061

Actions (login required)

View Item View Item