PENERAPAN MEDIA FLIPCHART UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA DASAR ROK PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA DI MAN YOGYAKARTA III

Mahatmi, Arfiani (2016) PENERAPAN MEDIA FLIPCHART UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA DASAR ROK PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA DI MAN YOGYAKARTA III. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Mahatmi Arfiani 115132452005.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MEDIA FLIPCHART UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA DASAR ROK PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA DI MAN YOGYAKARTA III Oleh: Mahatmi Arfiani NIM 11513242005 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran membuat pola dasar rok dengan menggunakan media flipchart pada mata pelajaran keterampilan tata busana di MAN Yogyakarta III, 2) Mengetahui peningkatan kompetensi membuat pola dasar rok dengan menggunakan media flipchart pada mata pelajaran keterampilan tata busana di MAN Yogyakarta III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart, yang terdiri dari: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Yogyakarta III. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 yang mengikuti mata pelajaran keterampilan tata busana yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, lembar penilaian afektif, dan lembar penilaian unjuk kerja. Uji validitas berdasarkan judgment expert, diantaranya adalah ahli media, ahli materi, dan guru mata diklat membuat pola dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alfa Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan pembelajaran membuat pola dasar rok dengan menggunakan media flipchart pada mata pelajaran keterampilan tata busana dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) pendahuluan: salam, presensi, apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran; (b) kegiatan inti: menampilkan flipchart, membimbing siswa, tugas, dan tes; (c) penutup: guru mengulang secara singkat materi pembelajaran, guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya dan memberikan tugas, mengucapkan salam. 2) pencapaian kompetensi membuat pola dasar rok pada pra siklus sebanyak 4 siswa (24%) mencapai KKM. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus pertama 12 siswa (70,59%) mencapai KKM, dan pada siklus kedua 15 siswa (88,24%) mencapai KKM. Peningkatan kompetensi siswa dari pra siklus 24% ke siklus pertama 70,59% dan siklus kedua 88,24%. Uraian di atas menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membuat pola dasar rok dengan menggunakan media flipchart dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam membuat pola dasar rok pada mata pelajaran keterampilan tata busana. Kata kunci: media flipchart, pola dasar rok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Feb 2016 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30060

Actions (login required)

View Item View Item