PENGARUH KESADARAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN FASILITAS BENGKEL TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA MATA DIKLAT DASAR INSTALASI LISTRIK DI SMK N 3 YOGYAKARTA

M.Umam, Sukoyo (2016) PENGARUH KESADARAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN FASILITAS BENGKEL TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA MATA DIKLAT DASAR INSTALASI LISTRIK DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
M. Umam Sukoyo 10501249001.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KESADARAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN FASILITAS BENGKEL TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA MATA DIKLAT DASAR INSTALASI LISTRIK DI SMK N 3 YOGYAKARTA M.Umam Sukoyo NIM. 10501249001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kesadaran belajar terhadap kompetensi siswa, (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap kompetensi siswa, (3) Pengaruh fasilitas bengkel terhadap kompetensi siswa, (4) Pengaruh kesadaran belajar, kemandirian belajar, dan fasilitas bengkel terhadap kompetensi siswa pada mata diklat dasar instalasi listrik di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto. Populasi penelitian iniseluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Ketanagalistrikan SMK Negeri 3 Yogyakarta yang diasumsikan berkarakteristik sama, dengan jumlah 116 siswadengan teknik simple random sampling diperoleh sampel 90 siswa. Teknik Pengumpulan data untuk variabel kesadaran belajar, kemandirian belajar, dan fasilitas bengkel menggunakan angket, sedangkan variabel kompetensi siswa menggunakan tes dengansoal pilihan berganda.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif data untuk mengetahui gambaran variabel, analisis regresi sederhana serta regresi ganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Kesadaran belajar (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Siswa (Y)dengan 4 ,714, nilai koefisien determinasi sebesar 0,238 artinyakesadaran belajar mempunyaikontribusi sebesar 23,8% terhadap kompetensi siswa (Y); (2) Kemandirian belajar (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Siswa (Y)dengan 4 ,555, nilai koefisien determinasi sebesar 0,245 artinyakemandirian belajar mempunyaikontribusi sebesar 24,5% terhadap kompetensi siswa (Y); (3) Fasilitas bengkel (X3) mempunyai pengaruh positif dan tidaksignifikan terhadap Kompetensi Siswa (Y)dengan 1 ,453, nilai koefisien determinasi sebesar 0,118 artinyaFasilitas bengkel mempunyaikontribusi sebesar 11,8% terhadap kompetensi siswa (Y); (4) Kesadaran Belajar (X1), Kemandirian Belajar (X2), dan Fasilitas Bengkel (X3) secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Siswa Pada Mata Diklat Dasar Instalasi Listrik (Y)dengan 2 1,712, nilai koefisien determinasi sebesar 0,431 artinyatiga variabel bebas mempunyaikontribusi sebesar 43,1% terhadap variabel terikat yang diasumsikan variabel bebas bernilai tetap. Kata kunci: fasilitas bengkel, kemandirian belajar, kesadaran belajar, kompetensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Feb 2016 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30056

Actions (login required)

View Item View Item