Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan BERMUTU Terkait Dengan Delapan Indikator Keberhasilan Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di KKG/MGMP Propinsi Jawa Tengah

Sukeksi, Nunik (2015) Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan BERMUTU Terkait Dengan Delapan Indikator Keberhasilan Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di KKG/MGMP Propinsi Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nunik-sukeksi-09703254027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pelaksanaan kegiatan Program Better Education through Reformed Management Universal Teacher Upgrading (BERMUTU) di Propinsi Jawa Tengah yang mengacu pada delapan indikator keberhasilan Program BERMUTU yaitu 1) pengembangan kurikulum sekolah dan silabus; 2) pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; 3) kemampuan dalam analisis butir dan bank Soal; 4) Kajian Kritis; 5) pembuatan learning journal (jurnal belajar), portofolio, dan pengembangan ICT; 6) pelaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK); 7) peningkatan kualitas guru; dan 8) Study Visit (kunjungan sekolah). Program BERMUTU menekankan agar pelaksanaan peningkatan kompetensi guru dilakukan dengan pengembangan dan pemberdayaan KKG/MGMP. Penelitian ini merupakan penelitian analisis dokumen dengan mengambil data sekunder di PPPPTK Matematika. Tempat penelitian adalah pada PPPPTK Matematika dan LPMP Propinsi Jawa Tengah sebagai salah satu penanggungjawab kegiatan BERMUTU. Data diambil dari data sekunder hasil angket supervisi komprehensif yang telah diberikan kepada para guru anggota KKG/MGMP Kabupaten sasaran BERMUTU. Angket yang disebarkan kepada responden merupakan angket yang dibuat oleh Direktorat Pembinaan Diklat, sehingga validitas dari instrumen telah dilakukan saat penyusunan instrumen. Data hasil angket dianalisis dengan statistik deskriptif dengan menentukan tingkat kategori keberhasilan dan membandingkan tingkat keberhasilan. Hasil Evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan pemenuhan delapan indikator keberhasilan kegiatan BERMUTU dalam meningkatkan kompetensi guru di Propinsi Jawa Tengah telah dilaksanakan semuanya pada Kabupaten sasaran program BERMUTU, dengan tingkat kategori cukup yaitu nilai rata-rata 3,08 dan terjadi peningkatan pelaksanaan kegiatan sebesar 26,6%. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan BERMUTU sesuai dengan delapan indikator tersebut masih harus ditingkatkan sehingga kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru. Guru masih membutuhkan pendampingan dalam meningkatkan kompetensi guna mengembangkan keprofesiannya, tanpa harus meninggalkan tugas guru dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: delapan indikator keberhasilan BERMUTU, kompetensi guru, KKG/MGMP
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2016 07:59
Last Modified: 26 Dec 2022 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30048

Actions (login required)

View Item View Item