PENGARUH TEKNIK EBRU TERHADAP KREATIVITAS MELUKIS PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SMA N 1 KEJOBONG

Tri Stiyono, Janwar (2016) PENGARUH TEKNIK EBRU TERHADAP KREATIVITAS MELUKIS PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SMA N 1 KEJOBONG. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAS JANWAR TRI STIYONO.PDF

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh teknik ebru terhadap kreativitas melukis siswa sehingga diketahui perbedaan kreativitas antara kelompok kontrol dengan teknik ebru dan kelompok eksperimen dengan teknik ebru berpola saat pembelajaran seni rupa di SMA N 1 Kejobong, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Control Group Pretest Postest Design. Terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebas adalah penggunaan teknik ebru berpola terhadap pembelajaran seni rupa. Sedangkan variabel terikat berupa kreativitas siswa dalam melukis dengan teknik ebru. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X dengan jumlah kelas lima, yang terdiri dari kelas XA, XB, XC, XD, XE dengan jumlah total siswa 117. Pengambilan sampel menggunakan cara random sampling. Berdasarkan undian maka ditetapkan kelas XC dengan jumlah siswa 24 sebagai kelompok eksperimen dan XE dengan jumlah siswa 24 sebagai kelompok kontrol, kedua kelas tersebut memiliki karakteristik yang sama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, dimana tes ini berupa karya siswa dengan teknik ebru. Hasil uji normalitas menunjukan data penelitian ini berdistribusi normal. Uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui bahwa data penelitian ini homogen. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan uji-t dengan taraf signifikansi 5% dan db 48. Hasil penghitungan uji-t menunjukan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (th - 4,210 < tt 2,012) dengan taraf signifikansi 5% db 46 dan p 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukan adanya pengaruh teknik ebru terhadap kreativitas melukis siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil hipotesis dengan uji-t dapat disimpulkan bahwa teknik ebru berpola lebih berpengaruh terhadap kreativitas melukis siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 26 Feb 2016 07:22
Last Modified: 30 Jan 2019 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30042

Actions (login required)

View Item View Item