Manajemen Pendidikan Karakter pada SMP Full Day School di Kota Yogyakarta

Wahyuningtyas, Agustin (2015) Manajemen Pendidikan Karakter pada SMP Full Day School di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agustin-wahyuningtyas-13703251021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter pada SMP Full Day School di kota Yogyakarta yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Latar penelitian pada SMP Full Day School di kota Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dua wakil kepala bidang kurikulum, dua guru, dua karyawan, dua orang tua, dan tiga siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Keabsahan data dijamin dengan triangulasi, menggunakan bahan referensi (Rekaman wawancara, vidio dan foto) dan mengadakan member check. Analisis data menggunakan analisis domain, taksonomi dan komponensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter yang ada pada SMP Full Day School terdiri dari: 1) perencanaan pendidikan karakter disusun sesuai dengan Visi, Misi dan tujuan sekolah dengan melibatkan semua unsur sekolah yaitu Kepala Sekolah, guru, karyawan, K3 dan komite; 2) pengorganisasian pendidikan karakter di bawah bidang kesiswaan dengan dasar pembagian tugas dan tanggung jawab lebih pada kemampuan pendidik dalam bidang agama; 3) pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah ditempuh melalui strategi secara terpadu yaitu mengintegrasikan konten pendidikan karakter yang telah dirumuskan dalam mata pelajaran, ke dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, ke dalam kegiatan yang diprogamkan, dan membangun komunikasi dengan orang tua dan mengkondisikan lingkungan; 4) pengendalian manajemen pendidikan karakter di sekolah secara internal berupa directing dan controling. Dalam directing, guru memiliki peran yang dominan, tetapi pada prinsipnnya semua ikut berperan dalam pengendalian, dan controling dapat dilihat dari peraturan sekolah, tata tertib, penghargaan dan bentuk sanksi. Pengendalian secara eksternal dilakukan sekolah dengan berkerjasama dengan orang tua melalui berbagai media online maupun offline.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, karakter, manajemen pendidikan karakter, SMP full day school
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2016 06:10
Last Modified: 26 Dec 2022 08:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30041

Actions (login required)

View Item View Item