Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Argumentatif Melalui Penilaian Portofolio Siswa Kelas X

Sepirna, Tika (2015) Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Argumentatif Melalui Penilaian Portofolio Siswa Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tika-sepirna-10706251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas proses dan kualitas hasil keterampilan menulis karangan argumentatif melalui penilaian portofolio siswa kelas X SMAN 1 Mandau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah 40 peserta didik. Penelitian terfokus pada peningkatan keterampilan menulis karangan argumentatif yang melibatkan peneliti sebagai pelaksana tindakan yang dibantu oleh kolaborator sebagai observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan pengamatan, wawancara, dokumen yang meliputi RPP dan catatan lapangan, hasil kerja peserta didik, nilai hasil belajar peserta didik, dan dokumentasi foto. Pelaksanaan tindakan terdiri atas dua siklus, setiap siklus meliputi tiga tahap: perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Analisis data yang dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penilaian portofolio pembelajaran keterampilan menulis argumentatif meningkat, penerapan penilaian melalui portofolio dalam pembelajaran keterampilan menulis dilakukan dengan cara memberikan gambaran awal, memberikan tugas menulis, dan kemudian secara bersama-sama antara guru dan peserta didik melakukan penilaian dan pengoreksian terhadapa hasil kerja serta melakukan bimbingan dan pendampingan langsung pada peserta didik dalam menjalankan proses menulis. Terjadinya peningkatan kualitas proses karena adanya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik memiliki sikap positif terhadap pembelajaran menulis, dan lebih aktif bertanya tentang menulis. Peningkatan kualitas hasil melalui penilaian portofolio juga menunjukkan peningkatan pada pratindakan yang memperoleh rata-rata nilai 64,36 : siklus I diperoleh rata-rata nilai 67,90 siklus II diperoleh rata-rata nilai 73,48 dan pascatindakan diperoleh rata-rata nilai 80,03. Terjadinya peningkatan disetiap siklus dan pascatindakan menjelaskan bahwa keterampilan menulis peserta didik mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan kelas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karangan argumentatif, penilaian portofolio, keterampilan menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2016 03:33
Last Modified: 14 Nov 2022 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30039

Actions (login required)

View Item View Item