Pengembangan Multimedia Latihan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia Berbasis Adobe Flash CS5 untuk Jenjang SMA/MA

Yahya, Iwan Khairi (2015) Pengembangan Multimedia Latihan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia Berbasis Adobe Flash CS5 untuk Jenjang SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-iwan-khairi-yahya-13706251048.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan penelitian. Pertama, mengembangkan multimedia latihan soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia dengan Adobe Flash CS5 untuk siswa jenjang SMA/MA. Kedua, menguji keefektifan multimedia latihan soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia dengan Adobe Flash CS5 untuk siswa jenjang SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, perencanaan, pembuatan produk awal, serta validasi dan evaluasi. Tahap pertama analisis kebutuhan meliputi studi literatur dan survei ke sekolah. Tahap kedua adalah perencanaan meliputi pembuatan flowchart view dan storyboard. Tahap ketiga adalah pembuatan produk awal dengan Adobe Flash CS5. Tahap keempat adalah validasi dan evaluasi yang meliputi: valiadasi produk awal pada ahli materi dan ahli media, revisi tahap I, uji coba lapangan awal (enam orang), revisi tahap II, uji coba lapangan (duapuluh tiga orang), revisi tahap III, uji pelaksanaan lapangan (seratus empatpuluh enam orang), dan revisi tahap IV. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, wawancara, dan tes. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa kualitas multimedia latihan soal sangat baik dengan skor rata-rata 4,400 dan ahli media menilai kualitas multimedia latihan soal baik dengan rata-rata 4,000. Hasil uji coba menunjukkan tanggapan responden (siswa) mengenai kualitas multimedia latihan soal yang dikembangkan secara keseluruhan adalah sangat baik dengan rata-rata skor 4,211. Aspek tampilan baik dengan rata-rata skor 4,144, aspek materi baik dengan rata-rata skor 4,092, dan aspek pemrograman sangat baik dengan rata-rata skor 4,399. Hasil uji statistik dengan ancova diperoleh nilai p sebesar 0,043 lebih kecil dari taraf singnifikansi 0,05. Kesimpulan dari uji ancova adalah penggunaan multimedia latihan soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia lebih efektif digunakan dibandingkan latihan soal Ujian Nasional secara konvensional. Dari hasil evaluasi di atas dapat disimpulkan bahwa produk multimedia latihan soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia layak dan baik digunakan dalam berlatih soal Ujian Nasional untuk siswa kelas XII jenjang SMA/MA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, Ujian Nasional Bahasa Indonesia, Adobe Flash CS5
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 25 Feb 2016 02:15
Last Modified: 25 Feb 2016 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30035

Actions (login required)

View Item View Item