Pengembangan Model Evaluasi Pengelolaan Pondok Pesantren

Khuriyah, Khuriyah (2015) Pengembangan Model Evaluasi Pengelolaan Pondok Pesantren. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-khuriyah-08701269011.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pedoman evaluasi IBSQ dan mendeskripsikan(1) kriteria model evaluasi pengelolaan pondok pesantren yang baik; (2) efektivitas penggunaan model evaluasi pengelolaan pondok pesantren; (3) pengelolaan di pondok pesantren. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode research and development (R & D). Subjek penelitian adalah pimpinan, pengelola, ustadz, santri dan alumni Pondok Pesantren Salafiah Al falah Sragen, Pondok Pesantren Modern Assalaam Sukoharjo, dan Pondok Pesantren Kombinasi Al Muayyad Surakarta. Pengambilan data menggunakan teknik angket, observasi dan interview. Data diambil dari pimpinan pondok pesantren, ustadz, santri dan alumni. Data dari hasil angket dianalisis menggunakan program SPSS 17, sedangkan pemeriksaan data dari hasil observasi dan angket dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan sebuah model evaluasi yang dapat mengevaluasi pengelolaan pondok pesantren yang terdiri dari lima buah buku dengan kriteria: (1) karakteristik instrumen dalam model IBSQ: (a) memiliki format yang baik (rata-rata 3,19); (b) memenuhi substansi model evaluasi (rata-rata 3,19); (c) memiliki tingkat validitas konstruk yang dapat diandalkan; (d) memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi,terendah 0,845 dan tertinggi 0,999; (2) model IBSQ memiliki tingkat efektivitas yang baik, terbukti 76% pengguna dapat menggunakan dengan mudah; (3) pengelolaan setiap pondok pesantren secara nyata terjadi perbedaan: (a) pengelolaan di Pondok Pesantren Al Falah masih sangat tradisional dengan bukti kegiatan administrasi masih manual; (b) pengelolaan di Pondok Pesantren Assalaam sudah memanfaatkan IT sebagai sarana dalam menjalankan pengelolaan; (c) pengelolaan di Pondok Pesantren Al Muayyad masih campuran antara manual dan berbasis komputer.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi, pengelolaan, pondok pesantren
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2016 10:19
Last Modified: 29 Jan 2019 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30033

Actions (login required)

View Item View Item