PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN SAVI SOMATIS-AUDITORI-VISUAL-INTELEKTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS IV DI SDN BAKULAN JETIS BANTUL

Asrofu, Maulana (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN SAVI SOMATIS-AUDITORI-VISUAL-INTELEKTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS IV DI SDN BAKULAN JETIS BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
MAULANA ASROFU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan proses belajar IPS siswa kelas IV SDN Bakulan Jetis Bantul melalui model Somatis-Auditori-Visual-Intelektual (SAVI) pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research), dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Bakulan Jetis Bantul yang berjumlah 31 siswa. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan rata-rata. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dapat meningkat menggunakan model SAVI. Data hasil belajar aspek kognitif mengalami peningkatan dari nilai hasil rata-rata pre-test 68,96 (cukup), siklus I 70,83 (baik), dan siklus II 78,56 (baik). Hasil belajar aspek afektif dengan memperoleh persentase pada siklus I 70,93% dan siklus II meningkat 87,1%. Hasil belajar aspek psikomotor memperoleh persentase siklus I 67,74% dan siklus II 90,31%. Penelitian ini dihentikan sampai siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu ≥75% sudah mencapai nilai KKM ≥72 pada aspek kognitif dan pada aspek afektif psikomotor ≥75% siswa mendapat kriteria baik. Peningkatan tersebut diperoleh dari tindakan menerapan model SAVI dalam pembelajaran IPS melalui empat dasar, yaitu belajar somatis siswa melibatkan aktivitas fisik selama berlangsungnya proses belajar, belajar auditori siswa dituntut untuk berbicara dan mengutarakan pendapat dengan suara keras tentang apa yang sedang mereka pelajari, belajar visual siswa aktif mengamati berbagai media dalam proses pembelajaran, .intelektual menggunakan pikiran untuk merenungkan pengalaman, merumuskan, dan mengait-ngaitkan makna dengan memfungsikan pikiran secara maksimal. Kata kunci: hasil beajar IPS, pendekatan SAVI

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 24 Feb 2016 08:43
Last Modified: 30 Jan 2019 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30015

Actions (login required)

View Item View Item