PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

M. Guntur, Eka Prasetya (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
M. Guntur Eka Prasetya 06502241007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN Oleh: M. Guntur Eka Prasetya NIM.06502241007 ABSTRAK SMK Negeri 1 Depok Sleman merupakan sekolah yang telah menerapkan pembelajaran berbasis TIK. Evaluasi perlu dilakukan agar pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK di sekolah tersebut dapat diketahui, dan dapat membantu sekolah melakukan perbaikan dan pengembangan agar pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK dapat mencapai hasil yang maksimal. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini, dengan tujuan mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK di SMK Negeri 1 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yang dilakukan di SMK Negeri 1 Depok Sleman pada bulan Maret sampai Mei 2013. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK dilihat dari sarana prasarana pembelajaran, kemampuan TIK guru, serta penerapan TIK oleh guru. Pengambilan data sarana prasarana dilakukan dengan metode observasi, sedangkan untuk mengetahui kemampuan TIK guru serta penerapan TIK oleh guru dilakukan dengan metode membagikan angket terhadap populasi guru SMK Negeri 1 Depok Sleman sebanyak 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari sarana prasarana TIK, SMK Negeri 1 Depok Sleman berada pada Tingkatan B (Medium) yang mengindikasikan sekolah tersebut sudah memiliki kemapanan dalam sarana prasarana pendukung pembelajaran berbasis TIK. Untuk kemampuan TIK guru, sebanyak 58,33% populasi guru atau 35 orang guru memiliki kemampuan TIK tinggi, 21,67% atau sebanyak 13 orang guru memiliki kemampuan TIK pada kategori sangat tinggi, 16.67% atau sebanyak 10 orang guru memiliki kemampuan TIK pada kategori rendah, dan 3,33% atau sebanyak 2 orang pada kategori sangat rendah. Ini menunjukkan bahwa mayoritas guru SMK Negeri 1 Depok Sleman memiliki kemampuan TIK dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk penerapan TIK, sebanyak 45,00% populasi guru atau sebanyak 29 guru sering menerapkan TIK. 31,67% atau sebanyak 19 orang guru selalu menerapkan TIK, 20.00% atau sebanyak 10 orang guru jarang menerapkan TIK, dan 3,33% atau sebanyak 2 orang tidak pernah menerapkan TIK dalam pembelajaran. Ini menunjukkan bahwa mayoritas guru SMK Negeri 1 Depok Sleman sudah menerapkan TIK dalam pembelajaran. Kata kunci: pembelajaran berbasis TIK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Feb 2016 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30011

Actions (login required)

View Item View Item