Muhammad, Ishaq (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP KEMAMPUAN ADAPTASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PRAKTIK PEMESINAN DI SMK KRISTEN 2 SURAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
M. Didik Suryadi 04503241034.pdf Download (865kB) | Preview |
Abstract
PENGARUH PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP KEMAMPUAN ADAPTASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PRAKTIK PEMESINAN DI SMK KRISTEN 2 SURAKARTA Oleh Muhammad Ishaq NIM. 04503241034 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran Teaching Factory, (2) mengetahui gambaran kemampuan beradaptasi siswa, (3) mengetahui gambaran prestasi siswa, (4) mengetahui pengaruh pembelajaran Teaching Factory terhadap kemampuan adaptasi siswa, (5) mengetahui pengaruh pembelajaran Teaching Factory terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Expost Facto karena variabel bebas tidak diperlakukan khusus melainkan hanya mengungkap fakta berdasarkan pengukuran gejala yang telah ada pada diri responden. Penelitian dilakukan di SMK Kristen 2 Surakarta pada kelas XII program studi Teknik Mesin dengan responden sebanyak 86 siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan instrumen angket, dan dokumentasi nilai praktikum. Instrumen angket terdiri dari 2 kategori, yaitu untuk mengungkap data penerapan pembelajaran Teaching Factory dan kemampuan beradaptasi. Dokumentasi nilai praktikum digunakan untuk mengungkap prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Uji validitas instrumen dilakukan dengan analisis korelasi Product Moment. Uji reliabilitas instrumen dianalisis dengan teknik belah dua, Split Half Spearman Brown. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas data dengan Chi Kuadrat. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran Teaching Factory sebesar 48,84%, termasuk kategori cukup, (2) kemampuan adaptasi siswa sebesar 38,37%, termasuk kategori cukup, (3) masing-masing harga mean untuk nilai prestasi belajar siswa pra dan pasca pembelajaran Teaching Factory adalah sebesar 7,35 dan 8,73, selisih kedua rataan sebesar 1,38 dengan peningkatan persentase sebesar 8,61%, (4) tidak ada pengaruh pembelajaran Teaching Factory terhadap kemampuan adaptasi siswa karena hasil uji regresi diperoleh nilai F uji (1,878) < nilai F tabel (3,90), namun terdapat hubungan positif, sangat kuat serta signifikan sebesar 0,99143 antara pembelajaran Teaching Factory dan kemampuan adaptasi siswa (5) tidak ada pengaruh pembelajaran Teaching Factory terhadap prestasi belajar siswa karena hasil uji regresi diperoleh nilai F uji (0,686) < nilai F tabel (3,90). Walaupun demikian terdapat hubungan positif, sangat kuat serta signifikan sebesar 0,992184 antara pembelajaran Teaching Factory dan prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 24 Feb 2016 02:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |