HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS XI SMA NEGERI 1 GAMPING TAHUN AJARAN 2012/2013

M. Zumar, Arifin (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS XI SMA NEGERI 1 GAMPING TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
M Zumar Arifin 09520241013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS XI SMA NEGERI 1 GAMPING TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh : M. Zumar Arifin 09520241013 ABSTRAK Penelitian ini mempunyai tujuan (1) mengetahui hubungan antara Persepsi Siswa tentang Fasilitas Laboratorium Komputer dengan Prestasi Belajar TIK pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gamping Tahun Ajaran 2012/2013, (2) mengetahui hubungan antara Keaktifan Belajar Siswa dengan dengan Prestasi Belajar TIK pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gamping Tahun Ajaran 2012/2013 dan (3) mengetahui hubungan antara Persepsi Siswa tentang Fasilitas Laboratorium Komputer dan Keaktifan Belajar Siswa secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar TIK pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gamping Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gamping dengan jumlah populasi 105 siswa dan sampel yang digunakan adalah 84 siswa. Penghitungan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrument dilakukan kepada siswa sebanyak 50 responden. Uji validitas instrument dilakukan dengan menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda dengan taraf signifikasi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara Persepsi Siswa tentang Fasilitas Laboratorium Komputer dengan Prestasi Belajar TIK Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gamping tahun ajaran 2012/2013 dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,285 (rhitung = 0,281 > rtabel = 0,212). Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara Keaktifan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar TIK siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gamping dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,381 (rhitung = 0,381 > rtabel = 0,212). Ketiga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Persepsi Siswa tentang Fasilitas Laboratorium Komputer dan Keaktifan Belajar Siswa secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar TIK SMA Negeri 1 Gamping dengan koefisien korelasi R sebesar 0,430, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,185 dan Fhitung sebesar 8,947 (Fhitung = 8,947 > Ftabel 5% = 3,11). Kata Kunci : Persepsi Siswa tentang fasilitas laboratorium komputer, keaktifan belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Feb 2016 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30008

Actions (login required)

View Item View Item