Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sistem Transmisi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Dyadic Methods (SDM) pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Piri 1 Yogyakarta

Ludi, Bonggo Ginanjar (2016) Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sistem Transmisi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Dyadic Methods (SDM) pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Piri 1 Yogyakarta. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Ludi Bonggo Ginanjar 07504244003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sistem Transmisi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Dyadic Methods (SDM) pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Piri 1 Yogyakarta Oleh Ludi Bonggo Ginanjar NIM 07504244003 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) ingin mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SDM dalam pembelajaran sistem transmisi di kelas XII Otomotif SMK PIRI 1 Yogyakarta dan (2) ingin meningkatkan prestasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SDM dalam pembelajaran sistem transmisi di kelas XII Otomotif SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK PIRI 1 Yogyakarta yang beralamat di Jl. Kemuning No. 14 Baciro Yogyakarta 55255. Kelas yang dijadikan subjek penelitian adalah kelas XII Program Keahlian Otomotif tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan model penelitian tindakan kelas.Teknik analisis data yang dilaksanakan adalah teknik analisis data deskriptif melalui PAP Tipe I. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini terdiri dari indikator keberhasilan hasil dan indikator keberhasilan proses. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SDM dalam pembelajaran sistem transmisi berlangsung berkelompok dimana setiap kelompok terdiri dari dua siswa, dimana siswa berperan sebagai guru dan siswa yang satunya berperan sebagai siswa, itu dilakukan secara bergantian. Hal ini dilakukan agar siswa lebih terlibat aktif sehingga dapat memperoleh hasil yang telah direncanakan yaitu dapat memperoleh hasil diatas KKM. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Dimana setiap sikusnya terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, obserfasi dan refleksi. Berdasarkan pada hasil siklus pertama terjadi peningkatan pada hasil belajar, Walaupun masih banyak terdapat kekurangannya seperti mayoritas siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, Siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran Sistem Transmisi, namun pada akhir pelaksanaan pembelajaran siswa terlibat secara aktif dan antusisas mengikuti pembelajaran. Sedangkan pada siklus kedua dapat memperoleh hasil seperti yang direncanakan, yaitu mengalami peingkatan dari siklus pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa. Pada Siklus I, prestasi belajar meningkat dari rata-rata 68,79 dengan ketuntasan 58,62% menjadi rata-rata rata-rata 72,59 dengan ketuntasan 68,97%. Pada siklus II, prestasi belajar kembali mengalami peningkatan rata-rata dari 72,59 dengan ketuntasan 68,97% menjadi rata-rata sebesar 89,14 dengan ketuntasan sebesar 96,55%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa batas ketuntasan indikator hasil berhasil dicapai sehingga implementasi model pembelajaran kooperatif tipe SDM dinyatakan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Sistem Transmisi Kata Kunci: prestasi belajar, pembelajaran kooperatif, tipe Structured Dyadic Methods

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Feb 2016 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30000

Actions (login required)

View Item View Item