Pengembangan Instrumen Bakat Keguruan

Wasidi, Wasidi (2015) Pengembangan Instrumen Bakat Keguruan. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-wasidi-10701261001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen bakat keguruan yang valid dan reliabel. Manfaat pengembangan ini adalah tersedianya instrumen bakat keguruan untuk mahasiswa lembaga pendidikan tenaga keguruan (LPTK). Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: pra-pengembangan, pengembangan konseptual, dan uji coba instrumen. Dalam tahap pra-pengembangan dilakukan studi pustaka yang menghasilkan kerangka konsep bakat keguruan. Konsep bakat keguruan ini dijabarkan menjadi kisi-kisi, dan butir-butir instrumen. Pada tahap pengembangan dilakukan pengujian konstruk bakat keguruan dalam focus group discussion dilanjutkan dengan validasi ahli. Validator terdiri atas ahli pendidikan, ahli pengukuran pendidikan, ahli bahasa, dan ahli psikologi pendidikan. Tahap uji coba instrumen dilakukan pada 630 mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu. Data dianalisis dengan item response theory partial credit model, analisis faktor konfirmatori, validitas konkuren, validitas konvergen, dan koefisien reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen bakat keguruan terdiri atas tiga dimensi yaitu kreativitas pedagogi, komitmen pedagogi, dan kecerdasan emosi. Instrumen bakat keguruan mempunyai indeks validitas isi yang baik (S-CVI= 0,93). Ketiga dimensi instrumen bakat keguruan memenuhi syarat IRT PCM. Hasil confirmatory factor analysis menunjukkan bahwa instrumen bakat keguruan fit (nilai Chi-Square sebesar 67,88, p sebesar 0,13274, dan RMSEA sebesar 0,018). Koefisien reliabilitas gabungan tinggi (rii=0,905). Analisis multitrait multimethod menunjukkan bahwa korelasi antara skor kreativitas pedagogi dengan skor IQ rendah (0,168). Korelasi antara skor komitmen pedagogi dengan skor Edwards Personal Preference Schedule adalah cukup (rxy=0,355). Korelasi antara skor kecerdasan emosi dengan skor EPPS adalah cukup (rxy=0,455). Validitas konvergen dimensi komitmen pedagogi termasuk tinggi (rxy=0,842), dan validitas konvergen kecerdasan emosi termasuk tinggi (rxy=0,806). Dengan demikian instrumen bakat keguruan mempunyai validitas isi, validitas konstruk, dan validitas konvergen yang baik, sedangkan dimensi komitmen pedagogi dan kecerdasan emosi mempunyai validitas konkuren yang termasuk katagori cukup. Koefisien reliabilitas gabungan instrumen bakat keguruan memenuhi persyaratan minimal (rii= 0,7). Dengan demikian instrumen bakat keguruan dapat digunakan oleh LPTK sebagai tes bakat calon mahasiswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: bakat keguruan, validitas isi, validitas konstruk, validitas konkuren, validitas konvergen, koefisien reliabilitas gabungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2016 06:31
Last Modified: 02 Mar 2022 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29984

Actions (login required)

View Item View Item