PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN SULAMAN APLIKASI PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN DI SMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN

Linda, Widyaningsih (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN SULAMAN APLIKASI PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN DI SMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Linda Widyaningsih-09513241011.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN SULAMAN APLIKASI PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN DI SMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN Oleh : Linda Widyaningsih 09513241011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul pembuatan sulaman aplikasi pada mata pelajaran membuat hiasan di SMK Ma’arif 2 Piyungan, 2) mengetahui kelayakan modul sulaman aplikasi pada mata pelajaran membuat hiasan di SMK Ma’arif 2 Piyungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Develompemnt/ penelitian dan pengembangan). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan lima langkah pengembangan yaitu : 1) tahap analisis kebutuhan produk, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi dan revisi, 4) uji coba kelompok kecil, 5) uji coba kelompok besar dan produk akhir. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach dan Koefisien antar Rater. Penelitian ini dilaksanakan pada Juli – September 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 siswa dari kelas X di SMK Ma’arif 2 Piyungan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) modul pembuatan sulaman aplikasi yang sudah layak untuk digunakan pada pembelajaran mata pelajaran membuat hiasan di SMK Ma’arif 2 Piyungan, 2) kelayakan modul pembuatan sulaman aplikasi untuk pembelajaran membuat hiasan di SMK Ma’arif 2 Piyungan. Berdasarkan penilaian ahli media diperoleh skor keseluruhan 72 dengan persentase kelayakan 100%. Untuk penilaian para ahli materi didapat skor keseluruhan 75 dengan persentase kelayakan 100%. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa media tersebut menurut para ahli layak untuk media pembelajaran. Kelayakan modul berdasarkan penilaian siswa diperoleh skor keseluruhan 1853 dengan persentase 90,83%, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa modul pembuatan sulaman aplikasi ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas X di SMK Ma’arif 2 Piyungan. Kata kunci : Modul pembuatan sulaman aplikasi, Pengembangan dan Kelayakan modul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Feb 2016 04:30
Last Modified: 30 Jan 2019 06:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29976

Actions (login required)

View Item View Item