PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT AKSESORIS BROS PADA KELAS VII DI SMPN 1 CANDIMULYO MAGELANG

Linda, Priamsari (2016) PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT AKSESORIS BROS PADA KELAS VII DI SMPN 1 CANDIMULYO MAGELANG. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Linda Priamsari 09513244028.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT AKSESORIS BROS PADA KELAS VII DI SMPN 1 CANDIMULYO MAGELANG Oleh : Linda Priamsari NIM 09513244028 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui pencapaian kompetensi membuat aksesoris pada mata pelajaran prakarya sebelum menerapkan metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada kelas VII SMP N 1 Candmulyo Magelang, (2) mengetahui pencapaian kompetensi membuat aksesoris bros dari ritsliting pada mata pelajaran prakarya setelah menerapkan metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada kelas VII SMP N1 Candimulyo Magelang, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan metode STAD ( Student Teams Achievement Divison) terhadap pencapaian kompetensi membuat aksesoris bros dari ritsliting pada mata pelajaran prakarya kelas VII SMP N 1 Candimulyo Magelang. Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Candimulyo Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah 144 siswa dengan sampel 36 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Instrument penelitian yaitu kriteria penilaian unjuk kerja,. Uji validitas menggunakan analisis faktor dan uji t untuk mengetahui pengaruh motode STAD terhadap pencapaian kompetensi membuat aksesoris. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) pencapaian kompetensi membuat aksesoris bros dari ritsliting sebelum menerapkan metode STAD diperoleh nilai sebesar 47,92%, yang sudah memenuhi KKM, (2) pencapaian kompetensi membuat aksesoris bros dengan aksesoris setelah menerapkan metode STAD diperoleh nilai sebesar 84,03% sudah memenuhi KKM, (3) pengaruh penerapan metode STAD ditunjukkan pada hasil uji t sebesar –9,530. Hasil uji t ketiga aspek penelitian lebih kecil dari –t tabel (–1,977), sehingga ada pengaruh penerapan metode STAD terhadap pencapaian kompetensi membuat aksesoris bros dari zipper. Kata Kunci : Pengaruh STAD. Kompetensi Aksesoris. Aksesoris Bros

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Feb 2016 04:20
Last Modified: 30 Jan 2019 06:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29975

Actions (login required)

View Item View Item