PENGARUH METODE PENGAJARAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA JURUSAN OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Agus Fredy , Hendrawan (2012) PENGARUH METODE PENGAJARAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA JURUSAN OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Other (CHAPTER i)
PENGARUH METODE PENGAJARAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA JURUSAN OTOMOTIF.PDF

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pengajaran guru antara metode ceramah dan diskusi terhadap hasil belajar kognitif siswa jurusan otomotif pada mata pelajaran motor bensin di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode experiment, dimana terdapat dua kelas yang akan dilakukan uji beda yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan metode diskusi dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Pengambilan data menggunakan metode test kompetensi dengan 30 soal pretest dan 30 soal posttest, soal yang sama pada tiap kelas. Validitas instrumens menggunakan judgement ahli. Reliabilitas instrumens menggunakan metode test try out dan dianalisa berdasarkan rumus KR-20. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian yang dilakukan menemukan bahwa terdapat pengaruh metode pengajaran guru yaitu antara metode ceramah dan metode diskusi terhadap hasil belajar kognitif siswa jurusan otomotif pada mata pelajaran motor bensin di SMK Negeri 3 Yogyakarta (thitung = 1,98 > ttabel = 1,66). Dimana terdapat kenaikan rata-rata nilai hasil belajar kognitif kelas kontrol dari 49,91 menjadi 70,74 dan kenaikan rata-rata nilai hasil belajar kognitif kelas eksperimen dari 49,71 menjadi 74,12.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:08
Last Modified: 29 Jan 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2997

Actions (login required)

View Item View Item