PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MENJAHIT KEMEJA PRIA DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO

Limiar, Khalima (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MENJAHIT KEMEJA PRIA DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Limiar Khalima 10513242007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MENJAHIT KEMEJA PRIA DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO Oleh : Limiar Khalima NIM. 10513242007 ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah penerapan metode pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pencapaian kompetensi menjahit kemeja pria siswa dengan di SMK Negeri 6 Purworejo. (2) apakah penerapan metode pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pencapaian kompetensi menjahit kemeja pria siswa dengan di SMK Negeri 6 Purworejo. (3) apakah pencapaian kompetensi menjahit kemeja pria dapat meningkat dengan penerapan metode pembelajaran Practice- Rehearsal Pairs di SMK Negeri 6 Purworejo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 6 Purworejo. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI Busana 1. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes essay dan tes unjuk kerja. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sudah melalui uji validitas dari Judgment expert dan reliabilitas instrument dengan menggunakan reabilitas antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman belajar siswa meningkat. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata pemahaman belajar siswa pada siklus pertama 3,90 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 5,53. Diperoleh data bahwa pada siklus I 22 siswa (68,8%) mengalami pemahaman belajar pada kategori tinggi, 10 siswa (31,3%) pada kategori sedang dan pada siklus II hasilnya meningkat 32 siswa (100%) pada kategori tinggi. Selain itu, aktivitas siswa juga meningkat meningkat. Hal ini dibuktikan rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus pertama 7,12 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 8,50. Diperoleh data bahwa pada siklus I 25 siswa (78,1%) mengalami aktivitas belajar pada kategori tinggi, 7 siswa (21,9%) pada kategori sedang dan pada siklus II hasilnya meningkat 32 siswa (100%) pada kategori tinggi. Kompetensi siswa pun ikut meningkat. Hal ini dibuktikan bahwa hasil kompetensi pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 25 siswa (78,1%) dan yang belum tuntas 6 siswa( 21,9%) dan meningkat pada siklus II 32 siswa (100%) dinyatakan tuntas.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman dan aktivitas belajar dalam pencapaian kompetensi menjahit kemeja dengan metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Kata kunci : pemahaman siswa, aktivitas belajar, kompetensi kemeja pria.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Feb 2016 03:20
Last Modified: 30 Jan 2019 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29963

Actions (login required)

View Item View Item