KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROSES PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CISAAT KABUPATEN SUKABUMI JAWA BARAT

Novendra Junaedi, Alan (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROSES PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CISAAT KABUPATEN SUKABUMI JAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ALAN NOVENDRA J (11201244018).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi antara kelompok yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan proses dengan kelompok yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan proses. Selain itu, menguji keefektifan penggunaan pendekatan proses untuk pembelajaran menulis teks eksposisi di SMA Negeri 1 Cisaat, Kab. Sukabumi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest–posttest control group. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yaitu penggunaan pendekatan proses dan variabel terikat yaitu kemampuan siswa menulis teks eksposisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Cisaat, Kab. Sukabumi yang terdiri dari delapan kelas. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Sampel tersebut ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis teks eksposisi. Validitas instrument menggunakan validitas isi (expert judgement). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi pada kelompok eksperimen dengan menggunakan pendekatan proses dan pada kelompok kontrol tanpa menggunakan pendekatan proses. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor tes akhir antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil uji-t skor tes akhir kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan thitung -4.657 dengan df 82 dan p 0,000. Skor p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,050). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pendekatan proses efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi, dibuktikan dengan uji-t. Penghitungan uji-t pada tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh thitung (th) -6,304 dengan df 41 dan diperoleh nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,050) serta terdapat kenaikan skor rerata pada kelompok eksperimen yaitu 3,59 yang lebih besar daripada kenaikan skor rerata kelompok kontrol yaitu 0,21.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 23 Feb 2016 06:37
Last Modified: 30 Jan 2019 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29958

Actions (login required)

View Item View Item