Pengembangan Materi Uji Kompetensi Keahlian Kimia Industri Siswa SMK dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Simangunsong, Junus (2015) Pengembangan Materi Uji Kompetensi Keahlian Kimia Industri Siswa SMK dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-junus-simangunsong-12701269009.swf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan materi uji kompetensi keahlian Kimia Industri siswa SMK berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan dimensi kerja. Kemampuan jenjang kedua KKNI untuk lulusan SMK terutama adalah: (1) mampu melaksanakan satu tugas pekerjaan spesifik, (2) memiliki pengetahuan operasional dasar dan pengetahuan faktual bidang kerja yang spesifik, dan (3) bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri. Oleh karena itu, dalam pengujian lulusan SMK tersebut diperlukan materi uji untuk memperkuat pengakuan lulusan secara nasional maupun internasional sesuai karakteristik kompetensi keahliannya, dengan instrumen yang valid dan reliabel. Pengembangan materi uji dilakukan dengan menggunakan model Research and Development (R&D) menggunakan model dengan tahapan sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan desain awal, (3) telaah terhadap produk awal, (4) uji coba terbatas, (5) uji coba diperluas, dan (6) revisi akhir produk. Pengembangan desain awal materi uji kompetensi disusun mengacu pada hasil studi pendahuluan dan ketiga aspek kemampuan level 2 KKNI yang merefleksikan 4 dimensi kerja. Produk awal meliputi: standar kompetensi kerja, skema sertifikasi, instrumen uji, dan pedoman penilaian serta penentuan kelulusan peserta uji kompetensi. Pengujian kualitas standar kompetensi kerja dan skema sertifikasi dilakukan melalui telaah mendalam dengan melibatkan perwakilan industri dan para pakar dengan focus group discussion (FGD). Validitas tampang instrumen uji kompetensi dibuktikan melalui penilaian teman sejawat, sedangkan validitas isi dibuktikan melalui expert judgment diteruskan dengan formula Aiken. Setelah dilakukan uji coba terbatas terhadap instrumen uji kompetensi, validitas konstruk instrumen dibuktikan dengan Analisis Faktor Eksploratori dan reliabilitasnya diestimasi menggunakan Cronbach Alpha. Setelah dilakukan uji coba diperluas terhadap instrumen uji kompetensi itu, validitas konstruk dibuktikan dengan Analisis Faktor Konfirmatori dan reliabilitasnya diestimasi menggunakan Cronbach Alpha. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) standar kompetensi kerja dan skema sertifikasi dengan kualitas yang sangat baik, (2) instrumen uji kompetensi yang memiliki validitas tampang, validitas isi, validitas konstruk, dan reliabilitas yang baik, dan (3) pedoman penilaian serta penentuan kelulusan peserta uji kompetensi yang jelas, mudah dilakukan, dan hasilnya akurat. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pengembangan materi uji kompetensi berdasarkan pengukuran teoritis ketiga aspek kemampuan pada jenjang kedua KKNI itu cocok (fit) dengan data (empiric).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: jenjang 2 KKNI, dimensi kerja, materi uji kompetensi keahlian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2016 09:47
Last Modified: 29 Jan 2019 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29955

Actions (login required)

View Item View Item