Evaluasi dan Strategi Pengembangan SMA Plus INS Kayutanam

David, David (2015) Evaluasi dan Strategi Pengembangan SMA Plus INS Kayutanam. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-david-11701269005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi SMA PLUS INS Kayutanam dan (2) menyusun strategi pengembangan SMA PLUS INS Kayutanam berdasarkan hasil evaluasi tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 50 siswa kelas X dan XI, satu kepala sekolah, empat wakil kepala sekolah, 30 guru, dua pembina asrama dan dua orang dari pemerintahan. Untuk memperoleh bukti validitas, instrumen (angket guru, kepala sekolah, dan siswa) diujicobakan. Berdasarkan hasil ujicoba kuesioner siswa, ada enam butir pernyataan gugur karena muatan faktornya kurang dari 0,30 dan 16 butir gugur karena kegiatan tersebut sudah tidak ada. Indeks reliabilitas kuesioner siswa adalah sebesar 0,99. Hasil ujicoba kuesioner guru menunjukkan empat butir pernyataan guru gugur karena muatan faktornya kurang dari 0,30 dan lima butir gugur karena kegiatan tersebut sudah tidak ada. Indeks reliabilitas kuesioner guru adalah sebesar 0,986. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Hasil evaluasi terdiri atas: (a) komponen-komponen yang termasuk kategori baik adalah kurikulum akademik, struktur dan uraian tugas, pengawasan, pembinaan sikap siswa, peringkat Ujian Nasional, rasio guru dan siswa, ruang belajar, dan peranan pemerintah daerah; (b) komponen-komponen yang perlu perbaikan adalah kurikulum keterampilan dan akhlak mulia, pelibatan warga sekolah dalam merumuskan visi dan misi, kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan, pengelolaan kegiatan kesiswaan, otonomi kepala sekolah dalam mengelola sumber daya, instrumen penilaian keterampilan dan sikap, jumlah jam pelajaran akademik, daya serap siswa pada Ujian Nasional, fasilitas gedung serta kecukupan/relevansi/ kemutahiran alat peraga dan alat keterampilan, pengelolaan sarana olahraga, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, serta meningkatkan peranan komite sekolah, alumni, dan kerjasama dengan instansi/lembaga terkait. (2) Strategi pengembangan terdiri dari: (a) perumusan kurikulum terintegrasi yang memuat tujuan dan sasaran pendidikan yang diprakasai oleh Sjafei, (b) perumusan metode mengajar yang sesuai dengan tujuan dan sasaran pendidikan diprakasai Sjafei, (c) pengelolaan aset produktif dengan memanfaatkan modal sosial, (d) pemanfaatan basis alumni, (e) membangun kerjasama dengan instansi terkait seperti sekolah lain, pemerintah daerah, dan pihak swasta.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, strategi, pengembangan SMA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2016 08:57
Last Modified: 21 Jun 2022 06:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29951

Actions (login required)

View Item View Item