Nirwan, Akhmad (2015) Pola Pemberdayaan dalam Meningkatkan Profesionalisme Pengawas Sekolah di DKI Jakarta. S3 thesis, UNY.
Text
disertas-akhmad-nirwan-12704261005.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola pemberdayaan dalam meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah di DKI Jakarta, yang meliputi lima aspek, yakni: makna pemberdayaan, proses (usaha), hambatan, solusi mengatasi hambatan pemberdayaan, dan makna profesionalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis. Subjek penelitian adalah satu pengawas sekolah sebagai pemberi informasi utama; dan untuk triangulasi dipilih seorang sejawat dan seorang koordinator pengawas sekolah. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data kualitatif ini mengikuti langkah-langkah: pengumpulan data, pengkodean data, pengkategorisasian data, identifikasi konsep, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan pola pemberdayaan pengawas sekolah dalam meningkatkan profesionalisme, yaitu: Pertama, pemberdayaan adalah usaha mengembangkan diri secara mandiri sesuai kompetensi dan bidang tugas kepengawasan. Kedua, pemberdayaan dilaksanakan melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang fokus pada tujuan pemberdayaan dan bermanfaat untuk meningkatnya kompetensi, profesionalisme, tanggung jawab, prakarsa, kinerja, dan kepuasan kerja. Ketiga, hambatan pemberdayaan adalah belum adanya fasilitas yang memadai dan rendahnya motivasi pengawas sekolah. Keempat, solusi mengatasi hambatan pemberdayaan dalam meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah adalah memfasilitasi dan memotivasi pengawas sekolah, dan meningkatkan komitmen bersama semua pihak yang terdiri dari pejabat pembina pengawas sekolah dan pengawas sekolah itu sendiri. Kelima, makna profesionalisme adalah bekerja penuh waktu, sesuai kompetensi, memiliki kode etik, mempunyai organisasi profesi, melakukan yang terbaik, dan mengambil keputusan secara mandiri. Pola pemberdayaan yang ditemukan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori tipe ambisi.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemberdayaan, profesionalisme, pengawas sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 22 Feb 2016 08:47 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 04:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29950 |
Actions (login required)
View Item |