Modal Sosial dan Vitalitas Sekolah Menengah Pertama Swasta di Yogyakarta

Suwadi, Suwadi (2015) Modal Sosial dan Vitalitas Sekolah Menengah Pertama Swasta di Yogyakarta. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-suwadi-08703261021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menemukan potensi dan aktualisasi modal sosial dalam peningkatan vitalitas sekolah menengah pertama swasta di Yogyakarta. Dalam penelitian ini modal sosial dikonsepsikan sebagai jejaring (network) yang didayagunakan dan menjadi komitmen sekolah untuk mengembangkannya dalam membangun kepercayaan (trust), relasi-relasi timbal balik yang saling menguntungkan (reciprocal relationships) dan saling membantu (mutual aid) berbasis jejaring tersebut. Kemudian vitalitas sekolah dikonsepsikan sebagai kinerja (performance) sekolah dalam pengembangan akademik, sumber daya manusia, sistem pendanaan, dan pengembangan muatan lokal. Tujuan khusus penelitian ini, (1) menggambarkan pola- pola pemanfaatan dan pendayagunaan potensi modal sosial untuk meningkatkan vitalitas sekolah, (2) menemukan kapasitas dan integritas kepemimpinan sekolah dalam pemanfaatan dan pendayagunaan potensi modal sosial untuk menangkap peluang dan kendala dalam peningkatan vitalitas sekolah, dan (3) menemukan alasan atau rasionalisasi pemanfaatan potensi modal sosial yang dapat dijadikan sebagai agen perubahan untuk meningkatkan vitalitas sekolah. Studi ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di tiga Sekolah Menengah Pertama Swasta di Kabupaten Sleman dengan perbedaan pendayagunaan potensi modal sosial dalam mengelola pendidikan sehingga menghasilkan variasi vitalitas sekolah. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini digali melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model induktif, sedangkan tingkat kepercayaan hasil-hasil penelitian ditempuh dengan cara terpenuhinya kriteria kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konformabilitas. Kesimpulan dari studi ini adalah (1) terdapat variasi dalam pemanfaatan modal sosial sekolah. Kasus pertama mampu mengidentifikasi modal sosial tetapi belum optimal dalam mendayagunakannya untuk peningkatan vitalitas sekolah. Kasus kedua belum optimal dalam mengidentifikasi dan mendayagunakan modal sosial dalam peningkatan vitalitas sekolah. Kasus ketiga mampu mengidentifikasi dan mendayagunakan modal sosial dengan baik untuk peningkatan vitalitas sekolah. Pendayagunaan modal sosial pada ketiga kasus tersebut menunjukkan pola menjembatani dan mempererat melalui komponen jejaring, relasi saling menguntungkan dan membantu, dan kepercayaan. Hubungan antar komponen modal sosial pada kasus pertama dan kedua menunjukan pola linieritas, sementara pada kasus ketiga menunjukkan pola dialogis, hal ini bergantung pada pola pikir kepemimpinan sekolah. (2) Kinerja sekolah dalam memanfaatkan modal sosial ditunjukkan oleh integritas sekolah dalam membangun jejaring, relasi timbal balik dan kepercayaan dari stakeholders sekolah. Berbagai program sekolah dilaksanakan dengan melibatkan unsur dan komponen terkait untuk mencapai vitalitas sekolah. Pada kasus pertama dan kedua, pemanfaatan modal sosial atas inisiasi salah satu pihak, sementara pada kasus ketiga inisiasi berasal dari kedua belah pihak dalam pengembangan akademik, sumber daya manusia, sistem pendanaan dan budaya lokal. (3) Alasan/rasionalisasi pemanfaatan modal sosial didasarkan pada nilai militansi dan loyalitas pada kasus pertama, nilai silaturahim dan syafaat pada kasus kedua, dan universalisme Islam pada kasus ketiga. Nilai-nilai tersebut berfungsi sebagai modal dasar untuk menyuburkan, meningkatkan dan mendayagunakan potensi modal sosial sekolah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: modal sosial, vitalitas sekolah, pendidikan persekolahan, jejaring, relasi timbal balik, kepercayaan, kepemimpinan sekolah
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2016 08:39
Last Modified: 21 Oct 2021 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29946

Actions (login required)

View Item View Item