PENGARUH EKSTRAK KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris, L.) TERHADAP JUMLAH KELENJAR DAN KETEBALAN LAPISAN ENDOMETRIUM TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus, L.)

Nugroho, Aris Satriyo (2015) PENGARUH EKSTRAK KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris, L.) TERHADAP JUMLAH KELENJAR DAN KETEBALAN LAPISAN ENDOMETRIUM TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus, L.). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aris Satriyo Nugroho.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak kacang merah (Phaseolus vulgaris, L.) dan mengetahui dosis yang paling optimal terhadap jumlah kelenjar dan ketebalan lapisan endometrium tikus putih (Rattus norvegicus, L.). Jenis penelitian ini adalah eksperimen satu faktor yang menggunakan pola acak lengkap. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah tikus putih betina yang berumur 2 bulan dengan berat 200 gram dan belum pernah buting. Tikus tersebut dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan, yaitu kontrol (tanpa pemberian ekstrak kacang merah), P1 (50 mg/200 gr BB/hari), P2 (75 mg/200 gr BB/hari), P3 (100 mg/200 gr BB/hari), dan P4 (125 mg/200 gr BB/hari). Variabel tergayut dalam penelitian ini adalah jumlah kelenjar dan ketebalan lapisan endometrium uterus tikus putih betina. Perlakuan dilakukan selama 21 hari. Data ketebalan endometrium dianalisis dengan analisis statistik One Way Anova untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh antara kelompok kontrol dan perlakuan. Apabila terdapat pengaruh nyata, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) untuk membedakan antara kelompok perlakuan dan antar perlakuan. Sedangkan, untuk menganalisis pengaruh perlakuan terhadap jumlah kelenjar endometrium dilakukan Uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kacang merah memberikan pengaruh nyata (p<0,05) dalam meningkatkan jumlah kelenjar endometrium, memberikan pengaruh tidak nyata (p>0,05) terhadap ketebalan lapisan endometrium tikus putih. Dosis optimal yang berpengaruh meningkatkan jumlah kelenjar dan ketebalan endometrium berdasarkan hasil penelitian terdapat pada pemberian dosis 100 mg/200 gr BB/hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak kacang merah¸ kelenjar, tebal, lapisan endometrium
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29928

Actions (login required)

View Item View Item