HAMBATAN GURU MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SISWA MENGAMATI DAN MEREKONSTRUKSI OBJEK STRUKTUR ANATOMI JARINGAN HEWAN DI MA KOTA YOGYAKARTA

Utami, Zuchdiawati Luthfi (2015) HAMBATAN GURU MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SISWA MENGAMATI DAN MEREKONSTRUKSI OBJEK STRUKTUR ANATOMI JARINGAN HEWAN DI MA KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Zuchdiawati Luthfi Utami.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan guru mengembangkan keterampilan siswa mengamati dan merekonstruksi objek Struktur Anatomi Jaringan Hewan di MA Kota Yogyakarta, untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi guru dan untuk mengetahui solusi guru menyikapi hambatan yang ditemukan selama kegiatan mengamati dan merekonstruksi objek tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode survei. Penelitian dilaksanakan di 4 MA Kota Yogyakarta dengan sampel guru Biologi berjumlah 6 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan teknik analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang cenderung dilakukan guru adalah pengamatan langsung menggunakan preparat awetan dan menyajikan gambar jaringan hewan melalui media Power Point tentang Struktur Fungsi Jaringan Hewan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor hambatan yang muncul berasal dari guru, yaitu guru kurang menguasai objek mikroskopi Jaringan Hewan dan merekonstruksi objek pengamatan ke dalam bentuk 3D (penggambaran kembali wujud utuh objek dengan membandingkan hasil pengamatan dan gambar literatur). Diketahui pula solusi yang dilakukan guru untuk menghadapi hambatan tersebut dengan cara mendalami materi dari berbagai sumber dan berdiskusi dengan guru lain satu bidang studi (MGMP) agar tidak terjadi miskonsepsi saat merekonstruksi objek Struktur Anatomi Jaringan Hewan; dan guru perlu menyiapkan media gambar/model Jaringan Hewan sebagai media alternatif keterampilan merekonstruksi sehingga pembelajaran Struktur Anatomi Jaringan Hewan dapat efisien dan lebih bermakna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan, Struktur Anatomi Jaringan Hewan, keterampilan mengamati dan merekonstruksi objek
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:54
Last Modified: 30 Jan 2019 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29926

Actions (login required)

View Item View Item