Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Klaten

Hasanah, Mau 'Idhotul (2016) Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Klaten. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
2. Skripsi Full 11416244033.swf - Published Version

Download (3MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Klaten. Pemanfaatan media pembelajaran IPS meliputi jenis media, faktor-faktor memilih media, perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut serta upaya pemanfaatan media pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif naturalistik. Informan peneliti terdiri dari guru IPS, kepala sekolah dan beberapa peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat berbagai jenis media pembelajaran IPS seperti macam-macam peta, globe, atlas, miniatur candi, contoh uang, gambar/foto, film, contoh batu-batuan, miniatur; 2) Faktor-faktor pendorong yang digunakan oleh guru IPS untuk memilih media pembelajaran yaitu objektif, sesuai dengan pengajaran dan sasaran program, situasi dan kondisi, kualitas teknik, efektif dan efisien serta dapat digunakan sebagai problem solving; 3) Langkah-langkah pemanfaatan media pembelajaran meliputi a) persiapan, hal yang dilakukan yaitu menentukan media pembelajaran, koordinasi dengan petugas laboratorium, mencari atau membuat sendiri jika yang dibutuhkan tidak ada di sekolah serta mengadakan pelatihan tentang media pembelajaran setiap tahunnya, b) pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran berlangsung baik dan lancar serta mampu memotivasi peserta didik, dan c) tindak lanjut, berupa pemberian soal untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan dengan media pembelajaran yang digunakan, membuat media pembelajaran yang serupa, melakukan tanya jawab diawal, tengah maupun diakhir proses pembelajaran maupun membuat catatan singkat untuk mengetahui apakah media pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat membuat peserta didik paham dengan materi yang disampaikan; 4) upaya pemanfaatan media yang dilakukan oleh guru IPS antara lain: menggunakan secara maksimal media yang ada di sekolah, mencari atau menciptakan sendiri, memberi tugas peserta didik untuk membuat sesuatu yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh sekolah setiap tahunnya. Kata kunci: Pemanfaatan, Media Pembelajaran, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 22 Feb 2016 01:11
Last Modified: 22 Feb 2016 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29925

Actions (login required)

View Item View Item