Pengembangan Pendidikan Humanis Religius di Madrasah

Hibana, Hibana (2015) Pengembangan Pendidikan Humanis Religius di Madrasah. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-hibana-11703261018 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji konsep pengembangan pendidikan humanis religius dalam proses belajar mengajar di kelas, 2) mengkaji dan menganalisis konsep pengembangan sikap humanis religius siswa di madrasah, 3) mengkaji dan menganalisis konsep pengembangan budaya kehidupan yang humanis religius di madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan paradigma naturalistik. Fokus penelitian ini dilakukan di MAN Wonokromo Bantul dan MAN Lab UIN Yogyakarta. Sumber data dan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru kelas, pegawai/karyawan, siswa, dan orang tua siswa. Semua informan tersebut merupakan sumber data primer untuk digali secara mendalam guna memperoleh data yang berkenaan dengan pengembangan pendidikan yang humanis religius di madrasah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua model analisis, yaitu analisis saat mempertajam keabsahan data, dan analisis melalui interpretasi data secara keseluruhan. Ada empat tahap yang sangat berkaitan, yaitu : 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian secara garis besar adalah 1) Konsep pendidikan yang humanis adalah konsep pendidikan yang berbasis pada lima nilai dasar, yaitu nilai kebebasan, kerja sama, kreativitas, kejujuran, dan aktualisasi diri. Sedangkan konsep pendidikan yang religius secara bertahap mengandung lima dimensi, yakni dimensi pengetahuan (ilmu keagamaan), keimanan (aqidah), praktik keagamaan (syariah), pengamalan keagamaan (akhlak), dan penghayatan keagamaan (ma’rifah). 2) Pengembangan pendidikan humanis religius dalam proses belajar mengajar di kelas dilakukan dengan menyediakan sarana yang memadai, menciptakan suasana belajar yang nyaman, membangun guru yang berwibawa dan berkarakter, menyelenggarakan proses pendidikan yang konstruktif, dan membangun lingkungan belajar yang kondusif. 3) Pengembangan sikap humanis religius siswa di madrasah dilakukan melalui proses belajar mengajar yang mengembangkan nilai, memberikan banyak pengalaman kepada siswa, dan menciptakan lingkungan yang kondusif. 4) pengembangan budaya humanis religius di madrasah dilakukan dengan cara pemantapan visi madrasah, membentuk tim inti, membangun kelas inti, dan menciptakan kelas imbas.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pendidikan humanis, pendidikan religius, madrasah
Subjects: Pendidikan > Filsafat Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2016 10:22
Last Modified: 21 Oct 2021 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29921

Actions (login required)

View Item View Item