Revitalisasi Nilai-nilai Edukatif Lagu-lagu Minang untuk Membangun Karakter Peserta Didik.

Desyandri, Desyandri (2016) Revitalisasi Nilai-nilai Edukatif Lagu-lagu Minang untuk Membangun Karakter Peserta Didik. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-desyandri-12703261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memilih, mengungkap, dan mengklasifikasikan kandungan nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam lagu-lagu Minang, dan mendeskripsikan pengimplementasian nilai-nilai edukatif tersebut secara empiris di sekolah-sekolah dalam lingkungan pendidikan dasar Kota Padang untuk membangun karakter peserta didik, serta menemukan makna budaya sebagai upaya revitalisasi terhadap nilai-nilai edukatif tersebut. Jenis penelitian menggunakan paradigma kualitatif dengan dua tahapan, yakni tahapan analisis hermeneutik untuk mengungkap kandungan nilai-nilai edukatif dan metode etnografi untuk menemukan makna budaya yang mendasari pengimplementasian nilai-nilai edukatif lagu-lagu Minang bagi warga sekolah. Penelitian dilakukan di empat sekolah dalam lingkungan pendidikan dasar (SD Negeri Percobaan, SD Islam Al-Azhar 32, SMPN 1, dan SMP Adabiah Kota Padang) dengan subjek kepala sekolah, guru-guru, tenaga administrasi, orang tua, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berperan serta, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan, sedangkan teknik analisis data tergabung ke dalam analisis induksi yang menggunakan dua jenis analisis, yakni analisis hermeneutik dan analisis etnografi yang terdiri dari analisis domain, taksonomi, komponen, dan analisis tema budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses identifikasi nilai-nilai edukatif yang dilakukan terhadap delapan lagu-lagu Minang menemukan sebanyak 15 (lima belas) nilai-nilai edukatif, yaitu nilai-nilai: 1) Ketuhanan (syarak atau agamo), 2) cinto ranah Minang, 3) kesadaran dan harga diri, 4) keteguhan hati dan kerja keras, 5) kesabaran dan keikhlasan, 6) waspada, 7) kesederhanaan, 8) disiplin, 9) ketangkasan, 10) peduli dan tanggung jawab, 11) persaudaraan, 12) gotong royong, 13) kesatuan dan kebersamaan, 14) musyawarah dan mufakat, dan 15) keadilan dan kedamaian. Nilai-nilai edukatif tersebut direvitalisasi oleh kepala sekolah, guru-guru, tenaga administrasi, dan orang tua melalui proses identifikasi, internalisasi, sosialisasi, dan enkulturasi. Proses revitalisasi tersebut merupakan titik-tolak dalam menentukan formulasi pembangunan karakter peserta didik berbasis nilai-nilai edukatif lagu-lagu Minang di lingkungan pendidikan dasar Kota Padang.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: revitalisasi, nilai-nilai, lagu Minang, pendidikan, karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2016 07:15
Last Modified: 28 May 2021 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29914

Actions (login required)

View Item View Item