Model Evaluasi Komitmen Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Teknologi dan Industri Pasca Sertifikasi

Ahyanuardi, Ahyanuardi (2016) Model Evaluasi Komitmen Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Teknologi dan Industri Pasca Sertifikasi. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-ahyanuardi-10702269007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model evaluasi komitmen guru SMK kelompok Teknologi dan Industri pasca sertifikasi; dan (2) mengevaluasi komitmen guru SMK kelompok teknologi dan industri pasca sertifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan prosedur Borg & Gall yang disederhanakan dalam lima tahap yaitu: (1) identifikasi masalah dan analisis kebutuhan; (2) penentuan tujuan dan komponen yang akan dievaluasi; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji lapangan skala kecil dan revisi; dan (5) uji lapangan skala besar dan produk akhir. Validasi model evaluasi komitmen guru SMK kelompok teknologi dan industri dilakukan melalui focus group discussion (FGD) oleh para ahli Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta. Model evaluasi dan instrumen penelitian divalidasi oleh para ahli Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta. Validitas, efektivitas, dan praktikalitas model dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Kategori komitmen guru dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa; (1) model evaluasi komitmen guru SMK yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan hasil kesepakatan para ahli; (2) model evaluasi guru SMK pasca sertifikasi praktis dan mudah penggunaaannya; (3) model evaluasi guru SMK pasca sertifikasi efektif digunakan untuk mengevaluasi komitmen guru; (4) sebagian besar guru bersertifikat memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan proses pembelajaran; (5) kepemimpinan dan manajerial kepala sekolah menunjukkan dukungan yang tinggi kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran; (6) sebagian besar guru memiliki kompetensi pedagogik yang tinggi dalam melaksanakan proses pembelajaran; dan (7) guru bersertifikat memiliki kompetensi profesional yang tinggi dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi, komitmen, guru profesional, sertifikasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 May 2019 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29910

Actions (login required)

View Item View Item