Keefektifan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta

Kusumastuti, Ningsih (2016) Keefektifan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ningsih-kusumastuti-11706251033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penilaian autentik dalam pembelajaran berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta. Model penilaian autentik yang digunakan adalah penilaian guru, penilaian diri dan penilaian kawan. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) keefektifan penilaian diri, penilaian kawan, dan penilaian guru dalam pembelajaran berbicara siswa, (2) keefektifan penilaian diri, penilaian kawan, dan penilaian guru dibandingkan dengan penilaian tradisional dalam pembelajaran berbicara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 95 responden dengan teknik cluster random sampling dan menggunakan observasi dan penilaian kinerja siswa untuk memperoleh data. Validitas instrumen penelitian diuji dengan menggunakan expert judgement, sedangkan reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan reliabilitas Alpha Cronbach. Normalitas data diuji dengan menggunakan metode Kolmogorov Smirnov Z. Keefektifan penilaian diri, penilaian kawan dan penilaian guru sebelum dan setelah perlakuan diuji dengan analisis covariance atau ANACOVA. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berbicara yang signifikan dengan penggunaan penilaian diri, penilaian kawan dan penilaian guru. Ketiga model penilaian tersebut memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa. Penilaian kawan merupakan penilaian yang paling efektif digunakan dalam pembelajaran berbicara siswa dibandingkan dengan penilaian diri dan penilaian guru. Penilaian diri yang dikombinasikan dengan penilaian kawan paling efektif digunakan daripada penilaian tradisional dan penilaian diri yang dikombinasikan dengan penilaian guru dalam pembelajaran berbicara siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian, penilaian berbicara, penilaian autentik
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2016 04:22
Last Modified: 08 Nov 2022 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29909

Actions (login required)

View Item View Item