Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Melalui Penerapan Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Manisrenggo Kabupaten Klaten

Yuniwati, Yuniwati (2016) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Melalui Penerapan Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Manisrenggo Kabupaten Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuniwati-12705251012.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn melalui penerapan model Problem based learning di kelas VIII A semester 1 SMP Negeri 2 Manisrenggo Kabupaten Klaten tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain Kemmis & Taggart yang dilaksanakan dalam III siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti/guru PPKn kelas VIII sebagai pelaksana tindakan, dan observer dari teman sejawat yang berlatar pendidikan sama. Jenis tindakan yang dilaksanakan adalah penerapan model Problem based learning dalam pembelajaran PPKn. Langkah-langkah pembelajaran meliputi mengidentifikasi masalah, menggali sumber informasi yang relevan, belajar secara mandiri, menyelidiki dan menginterpretasi data yang terkumpul, memilih beberapa alternatif solusi masalah, dengan mempertimbangkan pendapat atau informasi dari kolabolator. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tertulis, wawancara, dan catatan lapangan berupa jurnal guru. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan teknik yang dikembangkan Miles dan Huberman Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Problem based learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn pada aspek proses pembelajaran dan hasil belajar yang komprehensif (kognitif, afektif, dan psikomotorik). Peningkatan kualitas pembelajaran dapat diamati dan dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dengan persentase pada siklus I = 73,90%, siklus II = 82,89%, siklus III = 92,32%. Peningkatan aktivitas guru pada saat kegiatan belajar mengajar dipersentasekan pada siklus I = 71,97%, siklus II = 89,39%, dan siklus III = 97,73%. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 66,97, dan siswa yang mencapai KKM = 8,42%. Pada siklus II hasil rerata belajar meningkat menjadi 76,84, dan siswa yang mencapai KKM = 42,11%. Pada siklus III hasil rerata belajar siswa meningkat menjadi 85,53, dan siswa yang mencapai KKM = 84,21%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem based learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn di kelas VIII A SMP Negeri 2 Manisrenggo Kabupaten Klaten.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, kualitas pembelajaran, PPKn
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 19 Feb 2016 03:45
Last Modified: 25 Feb 2016 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29906

Actions (login required)

View Item View Item