Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMK di Kota Palangka Raya

Supriyadi, Supriyadi (2016) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMK di Kota Palangka Raya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-supriyadi-13702251010.swf

Download (14MB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) kinerja guru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya; dan (2) pengaruh kompetensi profesional guru, sarana prasarana, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK di KotaPalangka Raya. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru produktif SMK di Kota Palangka Raya dengan jumlah 161 orang. Sebanyak 113 orang guru diambil sebagai sampel dengan teknik proportional random sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket berdasarkan persepsi guru. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kinerja guru SMK di Kota Palangka Raya dengan kategori sangat baik/sangat tinggi dengan persentase sebesar 84,12 %, kompetensi profesional guru kategori sangat baik/sangat tinggi dengan persentase sebesar 82,85 %, sarana prasarana kategori baik/memadai dengan persentase sebesar 69,02 %, dan kepemimpinan kepala sekolah kategori baik/tinggi dengan persentase sebesar 78,48 %; (2) kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMK di Kota Palangka Raya melalui nilai R = 0,547 dan R square (R2) = 0,299 atau sebesar 29,9 %; (3) sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMK di Kota Palangka Raya melalui nilai R = 0,473 dan R square (R2) = 0,224 atau sebesar 22,4 %; (4) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMK di Kota Palangka Raya melalui nilai R = 0,533 dan R square (R2) = 0,284 atau sebesar 28,4 %; (5) kompetensi profesional guru, sarana prasarana dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru SMK di Kota Palangka Raya melalui nilai R = 0,680 dan R square (R2) = 0,462 atau sebesar 46,2 %. Besarnya prediksi ubahan prediktor terhadap kinerja guru dijelaskan oleh persamaan berikut: Y = 49,863 + 0,278 X1 + 0,206 X2 + 0,155 X3.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, kompetensi profesional guru, sarana prasarana, kepemimpinan kepala sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2016 04:16
Last Modified: 09 May 2019 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29905

Actions (login required)

View Item View Item