Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas VII SMP se- Kecamatan Depok Sleman

Januarisman, Erwin (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas VII SMP se- Kecamatan Depok Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erwin-januarisman-13707251004.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran IPA berbasis web. (2) mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan media pembelajaran IPA berbasis web. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan metode penelitian Borg & Gall (1983:775) dan metode pengembangan Alessi & Trollip (2001:410). Prosedur penelitian meliputi tahap penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi terhadap produk utama, uji lapangan utama, revisi produk uji coba lapangan, revisi terhadap produk akhir dan mendeseminasikan dan mengimplementasikan produk. Sedangkan prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan ongoing evaluation hingga menjadi produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi (tes alpha) kemudian dilakukan revisi produk awal. Tahap berikutnya adalah tes beta yang dilakukan oleh 12 siswa sebagai calon pengguna. Setelah tes beta selesai dilanjutkan dengan tes sumatif terhadap siswa sebagai pengguna. P eserta tes sumatif sebanyak 116 siswa yang berasal dari kelas VII di SMP se-Kecamatan Depok Sleman. Penelitian berhasil menunjukan hasil sebagai berikut: (1) Produk berupa media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran IPA menggunakan software CMS (Content Management System) Wordpress. (2) Produk media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran IPA telah dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan nilai rata-rata 3,98 dengan kategori “Baik”, ahli media dengan nilai rata-rata 4,07 dengan kategori “Baik”, uji coba lapangan awal diperoleh rata-rata penilaian sebesar 4,13 dengan kategori “Baik” dan uji coba lapangan utama diperoleh nilai gain untuk SMP Muhammadiyah 2 sebesar 22,2, SMP N 2 sebesar 24, SMP N 3 sebesar 21,6 dan SMP N 5 sebesar 19,6. (3) Keefektifan media pembelajaran IPA berbasis web dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa berdasarkan data hasil evaluasi pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, media pembelajaran berbasis web, IPA.
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2016 03:30
Last Modified: 09 May 2019 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29904

Actions (login required)

View Item View Item