PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENGELOLA KARTU PIUTANG SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013

HARIYATI, HARIYATI (2013) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENGELOLA KARTU PIUTANG SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Other
1. Isi Skripsi Keseluruhan_Hariyati_09403244027.PDF

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mengelola Kartu Piutang Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. (2) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mengelola Kartu Piutang Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. (3) Motivasi Berprestasi dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mengelola Kartu Piutang Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 187 siswa dan yang digunakan sebagai sampel berjumlah 123 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengumpulkan data variabel Motivasi Berprestasi dan Lingkungan Teman Sebaya, observasi untuk mengumpulkan data variabel Lingkungan Teman Sebaya dan dokumentasi untuk mengumpulkan data variabel Prestasi Belajar Mengelola Kartu Piutang. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Uji Validitas menggunakan korelasi Product Moment angka kasar dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua, serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mengelola Kartu Piutang Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 dengan rx1y= 0,523; r2x1y= 0,273; thitung= 6,741 > ttabel= 1,980 dan rx1y= 0,523 > rtabel= 0,176. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mengelola Kartu Piutang Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 dengan rx2y= 0,626; r2x2y= 0,391; thitung= 8,819 > ttabel= 1,980 dan rx2y= 0,626 > rtabel= 0,176. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Berprestasi dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mengelola Kartu Piutang Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 dengan Ry(1,2)= 0,669; R2y(1,2)= 0,448; Fhitung= 48,709 > Ftabel= 3,07, sumbangan efektif variabel Motivasi Berprestasi sebesar 14,47% dan variabel Lingkungan Teman Sebaya sebesar 30,33%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berprestasi, Lingkungan Teman, Prestasi Belajar
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Feb 2016 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29899

Actions (login required)

View Item View Item