KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KALASAN

Dwiji Sagusman, Adinda (2016) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Adinda Dwiji Sagusman_08201244065.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya perbedaan yang signifikan keterampilan menulis teks cerita pendek antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode berbasis pengalaman dan siswa yang tanpa menggunakan metode berbasis pengalaman. Penelitian ini juga memiliki tujuan untuk membuktikan keefektifan metode pembelajaran berbasis pengalaman dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalasan. Jenis penelitian yang dipakai adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalasan yang terbagi dalam empat kelas. Sampel penelitian adalah siswa VIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIID sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian tersebut dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes menulis teks cerita pendek. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis teks cerita pendek antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode berbasis pengalaman dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode berbasis pengalaman. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t untuk sampel bebas berupa skor thitung lebih besar dari skor ttabel (th = -5,994> tt = 1,998) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan db 62. Metode pembelajaran berbasis pengalaman efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t untuk sampel berhubungan yang menunjukkan bahwa skor thitung (th) adalah sebesar -15,717 dengan db 31. Skor thitung tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db 31. Skor ttabel (tt) pada taraf signifikasni 5% dan db 31 adalah 2,039. Hal itu menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar daripada skor ttabel (th = -15,717 > tt = 2,039).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:49
Last Modified: 30 Jan 2019 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29896

Actions (login required)

View Item View Item