PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013

ROKHIMAH, SITI (2013) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dan 3) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 187 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel yang diambil dari populasi sebanyak 187 siswa, maka diambil sampel sebanyak 123 responden. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar yang telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Akuntansi. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan ditunjukkan nilai rx1y = 0,432, r2 x1y = 0,187, harga thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 5,271 > 1,979, persamaan regresi sederhana Y = 0,496 X1 + 45,382; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,620, r2 x2y = 0,384, harga thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 8,688 > 1,979, persamaan regresi sederhana Y = 0,736 X2 + 18,020; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan ditunjukkan nilai Rx(1,2)y = 0,673, R2 x(1,2)y = 0,452, Fhitung lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 49,563 > 3,07 dan diperoleh persamaan regresi ganda Y = 0,314 X1 + 0,641 X2 + 7,231. Besarnya sumbangan relatif variabel Perhatian Orang Tua adalah 36,7%, dan variabel Motivasi Belajar sebesar 62,2%. Besarnya sumbangan efektif variabel Perhatian Orang Tua 16,6% dan variabel Motivasi Belajar 28,6%. Dengan demikian, keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Feb 2016 02:40
Last Modified: 30 Jan 2019 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29895

Actions (login required)

View Item View Item