NOVI KARUNIA, ANISAH (2015) PENGEMBANGAN GAMEEDUKASI “THE ACCOUNTER” BERBASIS WINDOWS SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
Skripsi Lengkap_Anisah Novi Karunia__11403241017.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Game edukasi “THE ACCOUNTER” berbasis Windowssebagai pendukung pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Godean, mengetahui kelayakan game edukasi tersebut sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media, materi, guru, dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model 4D. Tahapan dalam pengembanganGame edukasi “THE ACCOUNTER” berbasis Windows ini meliputi empat tahap yaitu: 1) Define atau tahap pendefinisian, 2) Design atau tahap perancangan, 3) Develop atau tahap pengembangan, dan 4) Disseminate atau tahap penyebaran. Pada tahap develop dilakukan validasi terhadap Game edukasi “THE ACCOUNTER” berbasis Windows oleh dosen ahli media dan ahli materi, serta guru akuntansi. Game edukasi “THE ACCOUNTER” diujicobakan kepada siswa kelas X SMK Negeri 1 Godean yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket. Data yag diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan Game edukasi “THE ACCOUNTER” berbasis Windows sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media diperoleh nilai rata-rata 4,00 yang termasuk dalam kategori Layak, ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4,72 termasuk dalam kategori Sangat Layak, guru Akuntansi diperoleh nilai rata-rata 4,90 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, dan penilaian siswa menunjukkan nilai rata-rata pada ujicoba kelompok kecil sebesar 3,85dan uji coba lapangan sebesar 3,99 yang termasuk dalam kategori Layak. Dengan demikian, Game edukasi “THE ACCOUNTER” berbasis Windows ini layak digunakan sebagai pendukung media pembelajaran akuntansi. Berdasarkan analisis kecakapan siswa dalam menggunakan Game edukasi “THE ACCOUNTER” dari hasil pre-test dan post-test yang diberikan pada saat uji coba, diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari uji coba kelompok kecil sebesar 1,00 sedangkan pada uji coba lapangan sebesar 0,84.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game edukasi “THE ACCOUNTER”, Media pembelajaran,Akuntansi |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 19 Feb 2016 02:35 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |