Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Teks Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Babadan Baru, Sleman

Muzayyanah, Amirotul (2016) Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Teks Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Babadan Baru, Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-amirotul muzayyanah-13706251069.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan pertama adalah meningkatkan kualitas proses pembelajaran menceritakan kembali teks cerita pendek siswa kelas VII MTs Negeri Babadan Baru, Sleman dengan penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS. Tujuan kedua adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran menceritakan kembali teks cerita pendek siswa kelas VII MTs Negeri Babadan Baru, Sleman dengan penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan prosedur berupa perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Babadan Baru, Sleman tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi, angket, pedoman wawancara, dan pedoman penilaian. Data dianalisis secara kualitatif yaitu mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar serta kuantitatif berupa penjumlahan skor terhadap pencapaian penilaian unjuk kerja menceritakan kembali teks cerita pendek menceritakan kembali teks cerita pendek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS terbukti dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar menceritakan kembali teks cerita pendek siswa. Indikator keberhasilan proses pada penelitian ini adalah siswa menjadi aktif bertanya dan menjawab pertanyaan tentang materi pembelajaran, tidak disibukkan dengan aktivitas individu, tidak melamun, dan memahami seluruh materi pelajaran. Adapun indikator keberhasilan hasil belajar siswa adalah meningkatnya jumlah rata-rata skor atau nilai siswa dalam praktik menceritakan kembali teks cerita pendek yang tercermin pada peningkatan kualitas penampilan siswa saat unjuk kerja menceritakan kembali teks cerita pendek, yaitu pratindakan sebesar 42,62, siklus I sebesar 64,24 dan siklus II sebesar 84,41.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: menceritakan kembali teks cerita pendek, model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2016 00:04
Last Modified: 08 Nov 2022 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29885

Actions (login required)

View Item View Item