PENGARUH KOHESIVITAS KELOMPOK DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)(Studi Pada Karyawan Tetap PT. Madubaru Bantul Yogyakarta)

Kurniawati, Fitri (2016) PENGARUH KOHESIVITAS KELOMPOK DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)(Studi Pada Karyawan Tetap PT. Madubaru Bantul Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
FitriKurniawati_10408144036.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kohesivitas kelompok, kepuasan kerja, dan organizational citizenship behaviour (OCB) pada karyawan tetap PT. Madubaru Bantul Yogyakarta, (2) pengaruh kohesivitas kelompok terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) pada karyawan tetap PT. Madubaru Bantul Yogyakarta, (3) kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) pada karyawan tetap PT. Madubaru Bantul Yogyakarta, dan (4) pengaruh kohesivitas kelompok dan kepuasan kerja secara simultan terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) pada karyawan tetap PT. Madubaru Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Madubaru Bantul Yogyakarta berjumlah 377 orang karyawan tetap. Teknik pengambilan sampel menggunakan sistematic sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 77 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) tingkat kohesivitas kelompok dalam kategori sedang (71,4%), kepuasan kerja dalam kategori sedang (71,2%), dan organizational citizenship behaviour (OCB) dalam kategori sedang (62,3%), (2) kohesivitas kelompok berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) pada karyawan tetap PT. Madubaru Bantul Yogyakarta, dibuktikan dengan koefisien beta sebesar (β) 0,316 (**p<0.05; p=0,000) dan kontribusi (∆R2 ) 0,087; (3) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) pada karyawan tetap PT. Madubaru Bantul Yogyakarta, dibuktikan dengan koefisien beta sebesar (β) 0,261 (**p<0.05; p=0,002) dan kontribusi (∆R2 ) 0,045; dan (4) kohesivitas kelompok dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) pada karyawan tetap PT. Madubaru Bantul Yogyakarta”. Hal ini dibuktikan dengan koefisien beta (β) pada variabel kohesivitas kelompok sebesar 0,289 (**p<0.05; p=0,000) dan koefisien beta (β) pada variabel kepuasan kerja sebesar 0,212 (**p<0.05; p=0,005), dan kontribusi (∆R2 ) sebesar 0,116.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kohesivitas Kelompok, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior (OCB)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:39
Last Modified: 30 Jan 2019 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29882

Actions (login required)

View Item View Item